Dark/Light Mode

3 Teroris Papua Tewas Saat Disergap Tim Gabungan TNI di Nduga

Selasa, 5 September 2023 09:49 WIB
Teroris Papua/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Teroris Papua/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) alias teroris Papua berhasil dilumpuhkan, dalam operasi penyergapan yang dilakukan pasukan gabungan TNI, di Kampung Aluguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (1/9). Ketiga anggota KKB itu tewas.

Dua anggota KKB tersebut sudah teridentifikasi. Mereka adalah Army Tabuni dan Ganti Gwijangge. Sedangkan satu lainnya belum terindentifikasi.

Baca juga : Lewat Tebus Murah Sembako, Relawan Sintawati Galang Dukungan Di Jakarta Pusat

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan mengatakan, penyergapan itu merupakan tindak lanjut dari aksi teroris Papua yang menyerang masyarakat beberapa waktu.

"Tindakan penyergapan ini adalah sebagai akibat dari penyerangan yang dilakukan KKB kepada masyarakat sipil beberapa waktu lalu di Batas Batu," kata Izak, dalam keterangannya, Selasa (4/9).

Baca juga : Sorong Papua Barat Digoyang Gempa M3,8

Operasi penyergapan dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Satgas Tim Taipur, Satgas Yonif MR 411, dan Satgas Elang yang dipimpin Mayor Inf Cosmos. Operasi berlangsung selama beberapa minggu di kawasan Matoa, Kampung Aluguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pada Jumat (1/9), sekitar pukul 03.16 WIT, tim gabungan melakukan kontak senjata. Peristiwa itu mengakibatkan tewasnya tiga anggota KKB itu.

Baca juga : Usut, Berikan Sanksi Tegas

Dari pihak TNI, tidak ada korban dalam operasi itu. "Dalam operasi ini pasukan kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk senjata, amunisi, peralatan serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas TPNPB-OPM, juga tidak ada korban di pihak TNI," papar dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.