Dark/Light Mode

Hari Terakhir Jadi Gubernur, Ganjar Sukses Turunkan Kemiskinan

Selasa, 5 September 2023 15:18 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (IST)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo hari ini (5/9/2023) resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah yang telah berlangsung selama dua periode sejak 2013.

Selama memimpin Jawa Tengah, Ganjar memang tercatat mampu mengentaskan kemiskinan yang menjadi salah satu masalah utama pembangunan di provinsi dengan penduduk terbanyak ketiga di Indonesia tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Ganjar telah sukses mengentaskan 1 juta warga miskin. Jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah berkurang dari 4,83 juta menjadi 3,86 juta jiwa.

Keberhasilan Ganjar tersebut, tidak lepas dari program-program yang selama ini dijalankannya untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah dari hulu ke hilir.

Baca juga : Ratusan Truk Kepung Gubernuran, Nobatkan Ganjar Sebagai Bapak Truk Nusantara

Program yang dilakukan Ganjar di hulu, salah satunya SMKN Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Melalui program ini, Ganjar memberi beasiswa kepada siswa miskin untuk mendapatkan pendidikan vokasi, sehingga mereka bisa siap bekerja dan meningkatkan derajat ekonomi keluarganya.

Pada 30 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo mengunjungi SMKN Jawa Tengah.

Jokowi pun menyebut program Ganjar tersebut mampu mempercepat peningkatan ekonomi dan layak diaplikasikan di tingkat nasional.

Baca juga : Pamitan Sebagai Gubernur, Ganjar Diberi Gitar Tua Oleh Pengamen Jalanan

Sementara di hilir, program yang telah dilakukan Ganjar seperti membuat #LapakGanjar dan Hetero Space untuk membantu mempercepat kemajuan UMKM.

Termasuk membantu UMKM memasarkan produknya. Pengamat ekonomi asal Universitas Diponegoro (UNDIP) Wahyu Widodo pun mengakui pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah selama kepemimpinan Ganjar yang menurutnya stabil.

“Melihat dari indikator ekonomi makro, melihat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dalam 10 tahun terakhir, sebenarnya sangat stabil. Bahkan 5 tahun terakhir sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Wahyu kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

Wahyu pun menilai program akselarasi ekonomi Ganjar selama ini sukses mengatasi masalah kemiskinan multidimensi di Jawa Tengah.

Baca juga : Ganjar Disarankan Antisipasi Serangan Isu Kemiskinan

“Makanya kita kenal kemiskinan multidimensi itu, karena orang sudah miskin mau dikeluarkan dari garis kemiskinan, tetapi yang di atas garis kemisikinan berpotensi jatuh ke jurang kemiskinan juga,” kata Wahyu.

Untuk diketahui, hari ini puluhan ribu masyarakat Jawa Tengah dari berbagai elemen berencana menghadiri acara purna tugas Ganjar Pranowo, di Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas segala dedikasi dan prestasi yang telah dilakukan Ganjar untuk Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.