Dark/Light Mode

Head To Head Ganjar Vs Prabowo Dari Survei Terbaru SMRC, Siapa Yang Menang?

Rabu, 23 Agustus 2023 21:18 WIB
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis tren dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres), Rabu (23/8). Diantaranya head to head bacapres Prabowo Subianto versus Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada periode 31 Juli sampai 11 Agustus 2023. Ada 4.260 responden dianalisis lewat wawancara tatatp muka dalam survei dengan margin of error +/- 1.65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Pengamat: Ganjar dan Anies Paslon yang Saling Melengkapi

Ada sejumlah temuan dirilis SMRC dalam survei kali ini. Salah satunya simulasi tertutup 2 nama, yang berisi pertanyan tentang nama presiden yang dipilih jika pemilihan digelar saat survei.

Hasilnya, Prabowo unggul 3 persen dari Ganjar. Yaitu 44,5 persen berbanding 41,5 persen. Namun, responden yang tidak menjawab atau tidak tahu mencapai 13,9 persen.

Baca juga : Ganjar Paling Menanjak

Selain itu, SMRC juga mengulik loyalitas pemilih dari kedua Bacapres tersebut. Hasilnya, Ganjar mengantongi 72 persen pemilih kuat, karena kecil kemungkinan mengubah pilihannya. Sementara Prabowo hanya memiliki 65 persen pemilih kuat.

Sementara dari kelompok pemilih yang tahu keduanya, Ganjar juga lebih banyak dipilih, yakni 46,3 persen berbanding 42,5 persen yang memilih Prabowo. Sisanya 11,2 persen tidak menjawab.

Baca juga : Siapa Capres Yang Batal Bertarung?

Namun jika digabung semua responden, baik yang tahu maupun yang tidak tahu keduanya, Prabowo lebih unggul dari Ganjar. Yakni 44,5 persen berbanding 41,5 persen. Lalu 13,9 persen tidak menjawab.

Memang, dalam hal popularitas, Ganjar masih kalah dibandingkan Prabowo. Sosok yang sudah 3 kali ikut kontestasi Pilpres ini, nyaris hampir dikenal oleh semua warga yakni mencapai 95 persen. Sementara Ganjar baru 84 persen saja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.