Dark/Light Mode

Sukses Pimpin Polsek Pagedangan, AKP Seala Kini Jadi Kasi Yanmin Polda Metro Jaya

Rabu, 6 September 2023 14:09 WIB
AKP Seala Syah Alam (kiri). (Foto: Istimewa)
AKP Seala Syah Alam (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan AKP Seala Syah Alam memimpin Polsek Pagedangan, Kabupaten Tangerang, mengantarkannya promosi ke jabatan lebih tinggi. Kini, AKP Seala menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Administrasi (Kasi Yanmin) Polda Metro Jaya.

AKP Seala dilantik menjadi 12 Agustus 2022. Ia merupakan Kapolsek wanita pertama di Pagedangan dan pernah menjadi Kapolsek termuda se-Indonesia saat menjabat Kapolsek Lingsar Polresta Mataram Polda NTB dengan pangkat Ipda.

Saat menjabat sebagai Kapolsek, lulusan Akpol tahun 2012 dan tergabung dalam Detasemen Wiratama Bhayangkara, angkatan ke-44 ini tidak mau hanya duduk di belakang meja. Ia kerap turun tangan mengatur lalu lintas di kawasan BSD dan mengendarai motor untuk patroli.

Baca juga : Di Pekalongan, Prabowo Antre Beli Jajanan Pasar Meski Dikerumuni Warga

AKP Seala juga kerap membagikan kegiatannya sebagai Kapolsek di media sosial miliknya. Di kesempatan tertentu, AKP Seala berkeliling menggunakan sepeda motor sambil menyapa masyarakat serta memberikan imbauan agar tetap hati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Patroli di wilayah BSD dilakukan sampai dengan perbatasan Malang Nengah, Parung Panjang, yang merupakan wilayah Polsek Pagedangan yang secara administratif berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Waktu menjabat Kapolsek Pagedangan, kantor saya dijadikan tempat untuk menerima pengaduan dengan nyaman, terutama ketika masyarakat bercerita mengenai masalah hukum yang dialami," ungkap AKP Seala.

Baca juga : Semoga Indonesia Jadi Negara Yang Makin Kuat

AKP Seala merasakan betul dampak pelayanan yang diberikan secara optimal. Hasilnya, mulai dari kecepatan penanganan kasus sampai merespons setiap gangguan Kamtibmas, baik masyarakat yang datang langsung ke Polsek maupun menghubungi AKP Seala secara langsung.

"Tidak hanya itu, saya juga membagikan nomor telepon pribadi pada masyarakat baik untuk momen silaturahmi, di dalam spanduk serta videotron. Sehingga kehadiran polisi di tengah masyarakat benar-benar terasa perannya," ucapnya.

Selama setahun menjabat Kapolsek Pagedangan, AKP Seala melakukan pengungkapan dan penyelesaian berbagai kasus yang menjadi perhatian publik. Kata dia, kehadiran polisi harus dapat terasa dan perannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dari menurunnya angka kejahatan dan kecelakaan.

Baca juga : PLN Sukses Suplai Listrik Tanpa Kedip Untuk Istana Berkebaya

Berbagai prestasi dan tindakan ini yang akhirnya membawa AKP Seala mendapat promosi menjadi Kasi Yanmin Polda Metro Jaya. Tugas barunya tersebut akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, baik yang akan menyampaikan pendapat di muka umum maupun yang akan mengajukan izin acara musik dan acara olahraga.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi kini tengah menggodok aturan yang nantinya membuat perizinan kegiatan seni hingga olahraga dilakukan satu pintu. Sistem perizinan satu pintu ini bakal dilakukan Polri dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Nantinya kedua institusi bakal membuat sistem pelayanan publik soal perizinan tersebut yang otomatis akan melibatkan AKP Seala.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.