Dark/Light Mode

Kemendikbudristek Dorong Pengembangan Prestasi Peserta Didik

Rabu, 6 September 2023 19:10 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya mendorong pengembangan prestasi peserta didik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Webinar dan Sosialisasi program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja Sekolah Prestasi pada 4-6 September 2023.

BOS Kinerja Sekolah Prestasi yang diberikan kepada sekolah berprestasi, berperan sebagai bentuk dukungan dan penghargaan atas prestasi yang telah diraih, serta menjadi influencer bagi sekolah lainnya untuk berprestasi.

Tahun 2023, merupakan tahun ketiga pemberian dana BOS Kinerja Sekolah Prestasi yang menyasar 2.731 sekolah berprestasi.

Baca juga : Terima Pengurus IDCTA, Bamsoet Dorong Pengembangan Perdagangan Karbon

Satuan pendidikan penerima dana tersebut merupakan satuan pendidikan yang pernah memperoleh paling sedikit satu penghargaan/medali/sertifikat prestasi pada ajang talenta di tingkat provinsi, nasional, dan/atau internasional.

Di samping itu, penerima tidak termasuk sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek Suharti menyatakan, program BOS Kinerja Sekolah Prestasi merupakan wujud nyata dan komitmen pemerintah untuk merangkul satuan pendidikan berprestasi dalam mengembangkan prestasi peserta didiknya.

Baca juga : Standard Chartered Dorong Solusi Keuangan Capai Dekarbonisasi Di Tingkat Global

“Program BOS Kinerja Sekolah Prestasi mendorong pengembangan talenta peserta didik di seluruh Indonesia. Program ini memberikan dukungan operasional kepada sekolah-sekolah berprestasi yang telah berhasil dalam bidang riset dan inovasi, seni budaya, serta olahraga,” kata Suharti, dalam sambutannya pada acara webinar dan sosialisasi BOS Kinerja Sekolah Prestasi yang digelar secara daring, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (6/9).

Suharti mengajak, seluruh satuan pendidikan dan dinas pendidikan yang hadir pada acara ini untuk mendukung serta memanfaatkan program BOS Kinerja Sekolah Prestasi sebaik-baiknya.

“Mari kita jadikan program ini sebagai peluang emas dalam menggali bakat dan kemampuan yang ada di dalam setiap siswa kita. Bersama-sama kita menjalankan asesmen minat dan bakat, melatih dan mengembangkan potensi mereka, serta membangun budaya prestasi yang mendukung pertumbuhan dan pencapaian siswa kita,” tuturnya.

Baca juga : Kolaborasi Petani Dengan Pabrik AQUA Sukses Atasi Masalah Pengairan Sawah

Senada, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Hendarman, mengatakan peran sekolah menjadi sangat penting dalam program BOS Kinerja Sekolah Prestasi.

“Ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan prestasi peserta didik melalui peran sekolah. Dimulai dari proses menemukan dan memunculkan anak-anak kita yang berprestasi. Tentu saja itu hal ini tidak lepas dari peran dan kontribusi sekolah baik kepala sekolah, guru, dan yang tidak kalah penting adalah orang tua,” ujar Hendarman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.