Dark/Light Mode

Menparekraf Sandiaga Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Masjid

Senin, 4 September 2023 17:01 WIB
Founder OK OCE yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi moderator dalam diskusi Economic Sharia Talks. (Foto: Ist)
Founder OK OCE yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi moderator dalam diskusi Economic Sharia Talks. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pentingnya pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid sebagai upaya akselerasi ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. 

OK OCE hadir dalam Economic Sharia Talks yang mana Founder OK OCE yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi moderator dalam diskusi tersebut.

Mengangkat tema 'Pengembangan Ekonomi Syariah Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Masjid' di Aula Jenggala, Jakarta, Sandi mendukung pengembangan UMKM berbasis masjid untuk kelanjutan perkembangan ekonomi syariah. 

Sandiaga Uno menanyakan bagaimana perkembangan UMKM yang berbasis masjid dengan Pakar Ekonomi Syariah dalam ekonomi berkelanjutan, yakni Syafii Antonio. 

Baca juga : Menparekraf Berdayakan UMKM Belitung Timur Agar Tercipta Lapangan Pekerjaan Baru

“Masjid dulu tempat melakukan kegiatan positif seperti berkumpulnya masyarakat, berkumpulnya prajurit pembela islam, hingga dimulainya perubahan peradaban," ujar Syafii, Senin (4/9) dalam keterangannya.

Pendiri Tazkia dan Profesor Ahli Perbankan Syariah tersebut menyebutkan dalam pengembangannya ekonomi syariah berbasis masjid kini masjid memiliki binaan khususnya bagi UMKM. 

“UMKM perlu menentukan kebutuhan apa yang diperlukan sehingga jika nantinya mereka memerlukan bantuan, mereka tahu kemana mereka minta akses tersebut," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI), Arief Rosyid mengatakan bahwa pentingnya andil masyarakat dalam memajukan ekonomi syariah, karena berpotensi diangkatkan derajatnya.

Baca juga : Relawan Sandi Uno Gelar Pelatihan Produksi Tahu Madu Sehat Di Jateng

"Kita perlu bahu membahu untuk berkontribusi dalam ekonomi syariah, karena saya percaya siapa yang menolong agama Allah SWT akan diangkat derajatnya di mata Allah SWT," ucap Arief. 

Dalam keterangannya perkembangan ekonomi syariah perlu difokuskan oleh pemerintah karena kapasitas perbankan syariah masih kecil dibandingkan perbankan biasa.

Ia juga menggambarkan peran BSI dalam mendorong potensi UMKM di Indonesia.

"BSI turut membangun BSI UMKM Centre, membina seluruh masyarakat yang berpotensi berkembang untuk menerima zakat yang hingga hasilnya kini omset usaha mereka telah meningkatkan sebesar 70%," jelas Arief.

Baca juga : Mendikbudristek Buka Kampus Merdeka Fair 2023, Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan MBKM Mandiri

Arief juga menambahkan bahwa didalam UMKM Centre tersebut telah tergabung sebanyak 11.000 hingga 12.000 UMKM yang dibina untuk Scale-Up.

Ketua DMI DKI Jakarta Daloh Abdaloh mengatakan pihaknya sudah berupaya membantu banyak masyarakat dengan kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan hingga Pemerintah Daerah, terkait  pemberdayaan ekonomi terdapat Dewan Ekonomi Syariah.

“Saya harap Semoga kita bisa melakukan MoU dengan OK OCE untuk bekerjasama mensejahterakan masjid, dimana ribuan masjid tersebar di Indonesia membutuhkan support perekonomian," tambah Daloh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.