Dark/Light Mode

Diungkap Danlanud Iswahjudi, Tower ATC Jadi Sasaran Utama Perebutan di SGS 2023

Sabtu, 9 September 2023 17:50 WIB
Operasi perebutan bandara adalah tower Air Traffic Control ATC alias pemandu lalu lintas udara
Operasi perebutan bandara adalah tower Air Traffic Control ATC alias pemandu lalu lintas udara

RM.id  Rakyat Merdeka - Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Iswahudi, Marsekal Pertama (Marsma) Wastum mengatakan, titik vital dalam operasi perebutan bandara adalah tower Air Traffic Control (ATC) alias pemandu lalu lintas udara.

"Titik-titik yang menjadi sasaran di bandara itu banyak. Di ujung-ujung landasan itu yang critical, dan paling critical adalah tower. Jadi harus kita rebut supaya kita bisa mengoperasikan bandara," kata Marsma Wastum usai menyaksikan simulasi perebutan Bandara Blimbing Sari Banyuwangi dalam Latihan Bersama (latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023, Sabtu (9/9).

Kata Wastum, dalam pertempuran pihaknya tidak akan melumpuhkan semua aset yang ada di bandara. Sebab, setelah dipastikan dapat dikuasai, nantinya bandara tersebut akan kembali dioperasikan.

Baca juga : Tangkap DHE di Dalam Negeri, Ini Solusi Perbankan dari BNI

"Bisa untuk kita mendaratkan pesawat-pesawat berat, personel, hingga logistik kita di sini," ujarnya.

Kecuali, ucap jenderal TNI bintang satu itu, di bandara tersebut terparkir pesawat tempur yang bisa menyerang lewat udara.

"Maka kita bom landasannya itu agar mereka tidak bisa airbone. Namun kalau bandara-bandara yang seperti ini (Bandara Blimbing Sari) tidak ada pesawat tempurnya, maka kita tidak menghancurkan landasannya," ungkap dia.

Baca juga : Buka Bazar Murah, Ibas Berharap Jadi Ajang Lestarikan Kreativitas Dan Budaya

Diketahui, latihan gabungan bersama (latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023 ini merupakan latihan bersama terbesar di Indonesia.

Ribuan tentara dari 20 negara sahabat yang berada di kawasan Indo-Pacific terlibat dalam latgabma SGS 2023 ini. Latihan bersama ini bertujuan meningkatkan interoperability TNI dan US Indopacom, dalam hal kapasitas untuk merencanakan operasi gabungan bersama; mengembangkan operasi multilateral/combined pada level taktis, dan memperkuat hubungan antara TNI dan US Indopacom.

Alutsista yang digunakan SGS 2023 antara lain Himars, Astros, RM 70 Vampire, Meriam 105/M119/Kh178/Lg1, Apache, F-16, Leopard/Abram, Javeline/Instalansa/C90, Mortir 60, Mortir 81, Machine Gun, Ss2-V4, Rantis Atav, F-16, C-130 Hercules, LPD/LST, Tank, Ranpur Lvt-7, HOW 105, MLRS, Grader, Oplager, Bell 412, Arv. 8. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.