Dark/Light Mode

Agar Bantuan Sosial Tepat Sasaran

DPR: Mutakhirkan Data Si Penerima

Sabtu, 13 Mei 2023 07:50 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. (Foto: Dok. Golkar)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. (Foto: Dok. Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mendorong pemutakhiran data penerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Pemutakhiran data ini penting untuk memastikan bantuan sosial yang digelontorkan ke masyarakat kurang mampu benar-benar tepat sasaran.

Ace bilang, tujuan bantuan itu untuk dapat meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat. Dengan bantuan perekonomian masyarakat, penerima bisa jauh lebih meningkat dan sejahtera.

“Jadi jangan sampai bantuan habis di modal saja. Tentu ke­bijakan yang pro masyarakat ini akan terus kita dorong, se­hingga masyarakat bisa lebih sejahtera,” ucap anggota Fraksi Golkar ini.

Baca juga : Ganjar Pranowo Berhasil Tekan Angka Pengangguran Dan Kemiskinan Di Jateng

Hal senada dilontarkan anggota Komisi VIII DPR Ma­man Imanul Haq. Menurutnya, langkah awal sekaligus kunci dari upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia yakni terus aktif dalam hal validasi data.

“Karena itu masyarakat perlu aktif dan mendukung proses validasi data tersebut,” kata Maman.

Maman menuturkan, Pemerintah melalui Kemensos telah berusaha agar penerima bantuan sosial ini bisa benar-benar tepat sasaran. Dia pun mengajak masyarakat melapor ke Com­mand Center Kemensos jika tidak terdata sebagai penerima bantuan.

Baca juga : RI, Singapura, AS Kecam Myanmar

“Komisi VIII DPR akan terus mendukung Kemensos dalam meningkatkan program bantuan. Bukan sekadar bantuan sosial, tetapi juga program pember­dayaan agar masyarakat bisa mandiri dan berdikari,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga berharap bantuan sosial ini mampu menyasar masyarakat penderita difabel atau berkebu­tuhan khusus.

Maman pun menceritakan, punya tetangga difabel ke­mudian dibikinin yang namanya green house.

Baca juga : Apa Yang Ada Di Otak Seorang Overthinker? Ini Kata Sains..

“Dia setiap hari memelihara cabe dan offtaker-nya itu. Dia bisa jualan sehari sampai 10 kilogram dan dia bangga. Jadi, tidak ada kata berhenti untuk menghadapi hidup ini kecu­ali dengan kata semangat,” te­gasnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka mengingatkan pentingnya koordinasi antara kementerian/lembaga yang lebih intensif dalam pembaharuan data penduduk miskin. Ke depan­nya, program-program bantuan Pemerintah dapat lebih tepat sasaran dan mampu mengurangi angka kemiskinan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.