Dark/Light Mode

Rayakan Ultah Mbah Ning, Kang Emil Malah Hadiahin Oleh-Oleh Jatah Istri

Minggu, 10 September 2023 18:30 WIB
Kang Emil dan Mbah Ning, di Banyuwangi, Sabtu (9/9). (Foto: Instagram/ridwankamil)
Kang Emil dan Mbah Ning, di Banyuwangi, Sabtu (9/9). (Foto: Instagram/ridwankamil)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, merayakan ulang tahun (Ultah) seorang warga di Banyuwangi, Jawa Timur, kemarin, Sabtu (9/9).

Ultah spontan ini dirayakan Kang Emil saat berkunjung ke desa adat Osing, Kemiren. Ia tampak ditemani oleh putrinya, Camillia Laetitia Azzahra.

Ketika itu, Kang Emil diterima dengan sangat ramah oleh Mbah Ning di kediamannya, yang masih berdinding anyaman bambu dan berlantaikan tanah. Khas arsitektur kampung adat Jawa Timuran.

Ia mengaku sempat dikira mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas yang kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Baca juga : Lomba Mancing Ala Nelayan Ganjar Jadi Momen Rekatkan Persatuan Warga 

Saat itu, sebut kang Emil, mbah Ning menyambutnya dengan ramah dan penuh kegembiraan. Ia menjamu mantan Wali Kota Bandung itu dengan tape ketan manis dan segelas air putih. 

Di tengah obrolan, kang Emil menanyakan tanggal kelahiran Mbah Ning. Jawabannya, cukup mengejutkan. Karena tanpa diduga, kedatangan kang Emil tepat di hari ultahnya.

"Saya lahir sebulan setelah kemerdekaan, tanggal songo bulan songo," kata Mbah Ning. 

"Lha tanggal 9 bulan 9. berarti sekarang dong Mbah hari lahirnya," timpal kang Emil, lalu reflek semua yang ada di situ tertawa dan menyanyikan lagu ulang tahun.

Baca juga : Jabatan Hampir Berakhir, Warga Boyolali Hadiahi Ganjar Aneka Sayuran

Mbah Ning tampak ikut bernyanyi dan tepuk tangan bersama. Lalu, Kang Emil menghadiahkan Mbah Ning kado istimewa yang rencananya mau dijadikan oleh-oleh untuk istrinya Atalia Praratya.

"Saya juga spontan kasih hadiah ulang tahun Mbah Ning, sepotong baju yang tadinya oleh-oleh buat ibu @ataliapr, maaf ya buk, jangan marah," lanjutnya.

Kang Emil mengaku, ia selalu teringat ibu kandungnya sendiri setiap melihat orang tua yang ditemuinya.

"Setiap lihat nenek-nenek dimanapun, bawaannya selalu ingat ibunda sendiri. Jadi suka lahir ekstra santun dan ekstra sayang yang spontan," ungkap kang Emil seraya menutup postingan dengan ucapan selamat ulang tahun untuk mbah Ning.

Baca juga : Berdayakan UMKM, Orang Muda Ganjar Gelar Lomba Masak Katering Di Jakbar

"Selamat Ulang Tahun Mbah Ning yang ke 78 tahun. Dari saya, turis Bandung yang dikira Pak Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi yang sekarang Menpan RB," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.