Dark/Light Mode

Anggaran Gaji TNI-ASN Kemhan Naik Rp 1,6 Triliun, Nuning Ikut Bersyukur

Jumat, 15 September 2023 22:42 WIB
Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)
Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR menyetujui anggaran kenaikan gaji di Kementerian Pertahanan (Kemhan), termasuk untuk prajurit TNI, sebesar Rp 1,6 triliun. Kenaikan ini pun turut disambut gembira oleh pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati.

“Alhamdulillah sudah disetujui Rp 1,6 triliun untuk kesejahteraan prajurit TNI dan ASN Kemhan di DPR tadi. Tadi sudah disetujui anggaran kenaikan gaji senilai Rp 1.671.963.798.000 itu hanya untuk lingkup Kemhan, termasuk di prajurit TNI AD, TNI AU, dan TNI AL. Hal tersebut sudah sesuai dengan kenaikan gaji sebesar 8 persen,” ucap Nuning, sapaan akrab Susaningtyas, Jumat malam (15/9).

Baca juga : ”Ini Hadiah Buat Para Guru”

Nuning pernah menyampaikan harapan agar anggaran kesejahteraan prajurit TNI dinaikkan. “Terakhir saya pun menitipkan harapan kepada Panglima TNI baru agar memberi atensi pada peremajaan Alutsista dan peningkatan kesejahteraan prajurit. Saya juga berharap, TNI ke depan bisa menjadi tentara berkelas dunia (world class army),” ucapnya.

Peraih gelar doktor bidang intelijen ini melanjutkan, bagaimana mungkin seorang prajurit pengawak Alutsista canggih TNI bisa mengoperasikan Alutsistanya dengan maksimal bila di pikirannya masih ada kekhawatiran atau ketidaktenangan dalam bertugas karena keluarganya masih harus berjuang untuk hidup layak meski sederhana sekali pun. Karena itu, kesejahteraan bagi prajurit sangat penting.

Baca juga : DPR Besarkan Hati Zulhas

“Saya ucapkan juga selamat kepada rekan-rekan Komisi I DPR sudah menyetujuinya (kenaikan gaji TNI ini),” tutup Nuning.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyampaikan, pihaknya menyetujui anggaran kenaikan gaji di Kemhan, termasuk untuk prajurit TNI, sebesar Rp 1,6 triliun. “Sudah disetujui dan ini sudah melalui proses di Badan Anggaran (Banggar). Banggar dan Pemerintah juga sudah melakukan rapat dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu)," kata Meutya, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9).

Baca juga : Alhamdulillah, Sudah Dua Digit

Meutya berharap kenaikan gaji ini menjadi penyemangat bagi prajurit TNI dan ASN Kemhan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.