Dark/Light Mode

Ganjar Jamin 37 Proyek Stategis Senilai Rp 258,75 Triliun Rampung 2024

Selasa, 18 Juli 2023 09:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram,)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram,)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengadakan rapat evaluasi untuk membahas Proyek Strategis Nasional atau PSN yang dilakukan di Jawa Tengah, Senin (17/7). Rapat ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto menjelaskan bahwa ada puluhan PSN yang dibangun di Jawa Tengah. Sementara total proyek tersebut bernilai fantastis.

Ia juga menerangkan bahwa proyek-proyek tersebut tidak membebani APBN.

“Total ada 37 Proyek Strategis Nasional di Jawa Tengah. 18 proyek ada di Perpres. Nilai totalnya Rp 258,76 triliun. Dan mendatangkan berbagai investasi sehingga tidak sepenuhnya membebani APBN,” terang Airlangga, di Jakarta, Senin (17/7).

Baca juga : Wow, PUPR Garap Dua Proyek Strategis Di Manokwari

Rapat yang dihadiri lintas sektor mulai dari Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Kementerian ATR, Kementerian Bappenas, Kementerian Keuangan, hingga Kementerian Perhubungan.

Airlangga juga membeberkan beberapa PSN besar yang sudah beroperasi. Salah satunya yang kini telah kita semua rasakan manfaatnya adalah Tol Trans Jawa.

“Sudah beroperasi antara lain jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cacaban, Bendungan Randugunting, pengembangan Pelabuhan Cilacap, Bandara Purbalingga, cable track kereta Jawa Selatan, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram,” lanjut Airlangga.

Tentunya kesuksesan tersebut tidak luput dari kerja keras Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memastikan proyek nasional di era pemerintahan Jokowi dapat terselesaikan.

Baca juga : Kasus Ricky Ham Pagawak, KPK Sita Aset Senilai Rp 210 Miliar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut ada 2 tugas vital yang ia lakukan untuk merampungkan proyek tersebut.

“Daerah biasanya mendapat 2 tugas, yakni terkait perijinan dan yang kedua biasanya eksekusi, biasanya masalah lahan,” ujar Ganjar.

Meski demikian, kedua belah pihak tidak menampik ada beberapa proyek yang masih berjalan dan sedang dikejar penyelesaiannya.

Ganjar berkomitmen akan mengawal semua ini dan menjamin akan tuntas.

Baca juga : Jokowi Resmikan Tzu Chi Hospital, Devisa Rp 170 Triliun Jangan Melayang Lagi

“Saya terimakasih sama Pak Presiden, Pak Menko, dan seluruh kementerian yang mengeksekusi dengan baik. Kita kerjakan dengan serius mudah-mudahan target di 2024 semua pekerjaan ini tuntas,” pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.