Dark/Light Mode

Sertifikasi Pengurus IKAPI Diharapkan Hasilkan Kurator Profesional Berintegritas

Sabtu, 16 September 2023 22:26 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) telah rampung mengadakan pendidikan intensif kurator dan pengurus pada awal September. 

Ini merupakan tahap awal dari rangkaian proses yang harus diikuti oleh pengacara dan akuntan publik yang ingin menjadi kurator dan pengurus.

Ketua Umum IKAPI, Oscar Sagita mengatakan, tahapan selanjutnya adalah ujian tertulis yang diselenggarakan pada Sabtu (16/9), di Jakarta.

Baca juga : Bawaslu No Problem Asal Anggaran Siap

"Ujian ini adalah rangkaian proses sertifikasi oleh IKAPI terhadap calon kurator dan pengurus, di mana para peserta harus memenuhi standar nilai yang telah ditentukan untuk dapat berprofesi sebagai Kurator dan Pengurus," ujar Oscar, di Jakarta, Sabtu (16/9).

Ujian tertulis ini diikuti oleh ratusan peserta dengan latar belakang profesi advokat dan akuntan publik. Nantinya peserta yang lulus dalam ujian tertulis, akan mengikuti ujian wawancara.

“Indikatornya telah ditentukan dan yang menjadi concern utama kita adalah dapat menghasilkan kurator dan pengurus berkualitas, profesional dan berintegritas," jelas Oscar.

Baca juga : Meriahkan Hari Pelanggan Nasional, BNI Gencarkan Layanan Digital

IKAPI telah melaksanakan pendidikan intensif kurator dan pengurus serta ujian sertifikasi sebanyak 13 angkatan dan memiliki anggota lebih dari 1.000 orang, dengan anggota aktif lebih dari 600 orang.

Profesi kurator dan pengurus saat ini sangat penting dalam pergerakan ekonomi bangsa, karena terkait langsung dengan pelaku usaha.

Khususnya, bagi pelaku usaha yang ingin merestrukturisasi utang dan pelaku usaha yang tidak dapat membayar utang.

Baca juga : Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan Diharapkan Makin Tingkatkan Ekspor Indonesia

Pengurus berperan untuk mewujudkan perdamaian antara debitur dengan kreditur melalui restrukturisasi utang.

Sedangkan kurator berperan untuk mengurus dan membereskan harta debitor pailit untuk digunakan membayar utang kepada kreditur.

Sebagai salah satu organisasi kurator dan pengurus yang berada di dalam komite bersama, IKAPI selalu berkomitmen menjaga marwah profesi kurator dan pengurus dengan menjalankan tugas secara bermartabat, berintegritas, profesional dan terhormat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.