Dark/Light Mode

Sidang Umum ke-44 AIPA Di Jakarta Hasilkan 30 Resolusi

Jumat, 11 Agustus 2023 15:01 WIB
Ketua Desk Regional Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR Putu Supadma Rudana (Foto: Istimewa)
Ketua Desk Regional Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR Putu Supadma Rudana (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) telah ditutup oleh Presiden AIPA sekaligus Ketua DPR Puan Maharani, di Jakarta, Rabu (9/8). Ada 30 resolusi telah disetujui oleh Parlemen ASEAN, di antaranya mengenai isu stabilitas politik, isu Myanmar, dan Laut China Selatan.

Ketua Desk Regional Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana mengatakan, resolusi ini akan didorong oleh parlemen anggota AIPA ke pemerintah di negara masing-masing agar segera dilakukan implementasi.

“Semua negara AIPA harus segera menjalankan resolusi ini. Karena komitmen sidang umum ini adalah aspirasi dari seluruh masyarakat ASEAN,” ucap Putu, Jumat (11/8).

Putu melanjutkan, suara parlemen merupakan aspirasi dari rakyat. Maka, aspirasi harus diserahkan kepada pemerintah masing-masing untuk segera diimplementasikan. Tujuannya, memberikan penguatan kesejahteraan, kestabilan, kesolidan, dan perdamaian kepada kawasan ASEAN.

Baca juga : Sambut HUT ke-78 RI, Mall Ciputra Jakarta Hadirkan 60 Kuliner Nusantara

Pelaksanaan resolusi ini, sambung Putu, penting untuk mencegah terjadi konflik akibat isu-isu seperti Myanmar, Laut China Selatan, dan yang berhubungan stabilitas kawasan ini. “Hal ini juga harus disampaikan oleh pemerintah saat KTT ASEAN di Jakarta nanti,” tegasnya.

Menurut legislator asal Bali ini melanjutkan, sidang ini juga telah menyetujui percepatan transisi ekonomi hijau atau green economy dan pengembangan inovasi teknologi untuk pembangunan dan pertumbuhan berkelanjutan. Selain itu, isu ketahanan energi dan air juga menjadi concern anggota AIPA.

Selanjutnya, menurut Putu, isu seperti isu kesetaraan gender pada komite perempuan, isu keterlibatan pemuda pada komite kepemudaan, komite politik, ekonomi, sosial, isu sawit dan nikel, isu konflik Rusia vs Ukraina, serta Sustainable Development Goals (SDGs) juga harus terus dikawal bersama.

Dalam laporan hasil komite organisasi selama Sidang Umum ke-44 AIPA di depan para negara peserta AIPA dan observer, Putu mengungkapkan, ASEAN harus solid, saling menjaga, dan bekerja sama untuk menjaga kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Korupsi Pengadaan Truk Di Basarnas Rugikan Negara Puluhan Miliar

"AIPA harus mempunyai ASEAN Parlemen untuk memperkuat kepentingan ASEAN secara parlementer. Hal ini harus segera terealisasi agar terciptanya hubungan yang erat dan solid. ASEAN yang dulunya tidak dilirik sekarang menjadi daya tarik karena meningkatnya persaingan antara kekuatan besar. Dengan segala kepentingan dan potensinya, mari kita kawal bersama ASEAN unity dan centrality," serunya.

Putu menambahkan, ada satu draf resolusi lain yang disetujui seluruh peserta, baik anggota AIPA maupun observer, yaitu memberikan apresiasi kepada Presiden dan Chair Sidang Umum ke-44 AIPA Puan Maharani. Suasana menjadi riuh dengan tepuk tangan saat Putu menyebut nama Puan Maharani. 

"Mari kita berikan applause untuk Ibu Puan Maharani yang menjadi Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023,” ucapnya

Para peserta, lanjut Putu, kemudian menandatangani komunike bersama sebagai bentuk keputusan Sidang Umum AIPA. Para peserta, tamu, serta observer sepakat bahwa ASEAN memiliki peran penting dalam menjaga perdamaian kawasan dan stabilitas global.

Baca juga : Komisi Urusan Politik AIPA Setujui 6 Resolusi

“Sebagai penutup, tidak lupa saya menyampaikan terima kasih kepada para negara-negara peserta AIPA, pemerintah, observer, panitia, keamanan, media serta masyarakat yang terus mengawal jalannya Sidang Umum ke-44 AIPA di Jakarta yang berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.