Dark/Light Mode

Viral Perubahan Jadwal Pendaftaran CPNS 2023, Ini 2 Alasan Diundur Oleh BKN

Minggu, 17 September 2023 15:26 WIB
Ilustrasi perubahan jadwal pendaftaran CPNS 2023. (Foto: Freepik.com/syarifahbrit)
Ilustrasi perubahan jadwal pendaftaran CPNS 2023. (Foto: Freepik.com/syarifahbrit)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang semula dijadwalkan dimulai hari ini, Minggu (17/9) batal. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan perubahan jadwalnya.

Perubahan jadwal pendaftaran CPNS 2023 ini viral di media sosial. Sebab, para CPNS hunter atau pemburu lowongan CPNS yang hari ini sudah siap-siap mendaftar ke laman resmi SSCASN, masih harus menunggu lagi.

Perubahan jadwal pendaftaran CPNS 2023 ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8871/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal Sabtu (16/9). Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa pendaftaran CPNS diundur dari tanggal 17 menjadi 20 September 2023. 

Baca juga : Cara Mudah Daftar CPNS 2023 Di Portal SSCASN, Awas! Jangan Sampai Diskualifikasi

"Pengumuman seleksi: 19 September sampai dengan 3 Oktober 2023. Pendaftaran seleksi: 20 September sampai dengan 9 Oktober 2023," bunyi di surat edaran tersebut.

Menurut BKN, ada 2 alasan diundurnya jadwal penerimaan CPNS dan PPPK. Pertama, proses optimalisasi pengisian kebutuhan jabatan fungsional teknis pada pengadaan pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun anggaran 2022 sesuai dengan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 571 Tahun 2023 sampai saat ini masih berlangsung.

Kedua, instansi pusat dan daerah juga hingga kini masih melakukan proses verifikasi dan validasi formasi sesuai ketentuan.

Baca juga : Gus Halim Minta Perempuan Lebih Dilibatkan dalam Pembangunan Desa, Ini Alasannya

Ketentuan tersebut yakni minimal dua persen untuk pelamar disabilitas dari keseluruhan jumlah penetapan kebutuhan yang diterima dan pembagian komposisi untuk kebutuhan khusus yaitu THK-2. 

Untuk Non-ASN paling banyak 80 persen dan kebutuhan umum yaitu pelamar baru paling sedikit 20 persen.

Mohon bersabar ya!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.