Dark/Light Mode

Awas! Polusi Udara Di Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat, Ranking 1 Terburuk Di Dunia

Selasa, 19 September 2023 08:42 WIB
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Deri/Humas MPR)
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. (Foto: Deri/Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polusi udara di Jakarta kembali ke zona merah pada Selasa (19/9) pagi WIB. Kualitas udara yang tidak sehat ini, ranking satu terburuk di dunia.

Data tersebut berdasarkan laporan situs pemantau udara IQAir.com yang terakhir diperbaharui pukul 8 pagi WIB.

Indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta mencapai 173. Menggeser Dubai, Uni Emirat Arab (155) yang sempat nangkring di urutan pertama sebelum jam 8 pagi.

Baca juga : Cek Polusi Udara Jakarta Hari Ini, Apakah Aman Untuk Olahraga Di CFD?

Konsentrasi polutan PM2,5 di Jakarta mencapai 98.5 µg/m3, atau 19,7 kali lebih tinggi dari pedoman kualitas udara yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Tak cuma Jakarta, polusi udara di Jabodetabek juga mengkhawatirkan. Bahkan skor indeks kualitas udaranya lebih parah.

Di antaranya, Kota Tangerang, Banten. Skor indeks kualitas udara mencapai 198, lebih tinggi dari Jakarta. Sehingga diposisikan sebagai kota dengan polusi udara terburuk di Indonesia pagi ini.

Baca juga : Kurangi Polusi, 17 Gedung Di Jakarta Sudah Gunakan Water Mist

Di urutan kedua adalah Tangerang Selatan, Banten (187) dan ketiga Kota Depok, Jawa Barat (174).

Di luar Jabodetabek, daerah peringkat keempat polusi terparah adalah Cileungsir, Jawa Barat (163) dan urutan kelima Indralaya, Sumatera Selatan dengan skor AQI yang sama.

Dengan kualitas udara yang berada di zona merah, disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Karena kandungan polutannya membahayakan bagi kesehatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.