Dark/Light Mode

Isu Kaesang Masuk PSI, Begini Sikap Jokowi dan Aturan PDIP

Kamis, 21 September 2023 23:25 WIB
Tangkapan layar video pria yang bernama Mawar (bukan nama sebenarnya), mengaku ingin bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).  Sosok Mawar ini, disebut-sebut mirip dengan putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram/psi_id)
Tangkapan layar video pria yang bernama Mawar (bukan nama sebenarnya), mengaku ingin bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sosok Mawar ini, disebut-sebut mirip dengan putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram/psi_id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu Kaesang Pangarep bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jadi sorotan publik. Sebab, keluarga besarnya adalah kader PDIP. Lantas bagaimana respons Presiden Jokowi sebagai ayah dan juga kader Banteng, serta bagaimana aturan PDIP menyikapi hal ini?

Jokowi tidak secara eksplisit melarang atau memberikan restu untuk Kaesang bergabung dengan PSI. Namun menghormati pilihan politik anak-anaknya. 

Menurutnya, Kaesang telah memiliki keluarga dan rumah tangga mereka sendiri. Keputusan dalam hidup, termasuk bergabung dengan partai politik, menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing anak. Sebagai orangtua, dia menghargai proses keputusan yang sudah diambil.

Baca juga : Kaesang Minta Restu Ke PSI, Jokowi: Saya Bilang Tidak Pun, Akan Tetap Jalan

"Ya biasa di dalam keluarga minta doa restu. Karena saya bilang tidak pun, juga tetap akan jalan. Anak-anak saya seperti itu," ujar Jokowi, di IKN, Kamis (21/9).

Tanggapan PDIP Soal Kaesang Masuk PSI

Perlu diketahui, di PDIP ada aturan yang secara tegas melarang anggota keluarga inti kader untuk bergabung dengan partai politik lain.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menilai Kaesang tidak lagi dianggap sebagai keluarga inti Jokowi. Karena Kaesang telah menikah dan memiliki Kartu Keluarga (KK) sendiri. 

Baca juga : Heboh Kabar Kaesang Masuk PSI, Puan Tak Tinggal Diam

Oleh karena itu, PDIP tidak melihat ada ya masalah jika Kaesang memilih untuk bergabung dengan PSI atau partai politik lain yang berbeda dengan Jokowi.

Isu merapatnya putra sulung Jokowi ke PSI, terungkap melalui sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram resmi PSI. Video tersebut menampilkan sosok yang sangat mirip dengan Kaesang, baik dari segi penampilan maupun suara. 

Meskipun dalam video tersebut disebutkan bahwa namanya adalah Mawar. Sosok ini secara gamblang menyatakan tekadnya untuk terjun ke dunia politik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.