Dark/Light Mode

Survei LSI: Ganjar Unggul Di Basis Pemilih Jokowi, Masih Minim Di PPP

Rabu, 30 Agustus 2023 20:38 WIB
Ganjar Pranowo, unggul di basis pemilih Jokowi-Ma’ruf di Pemilu 2019. (Foto: Instagram)
Ganjar Pranowo, unggul di basis pemilih Jokowi-Ma’ruf di Pemilu 2019. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dipublikasikan hari ini mengungkap fakta, Capres PDIP Ganjar Pranowo unggul di basis pemilih Jokowi-Ma'ruf di Pemilu 2019

Untuk diketahui, di Pemilu 2019, pemilih Jokowi-Ma'ruf mendominasi dengan angka 55 persen. Mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno yang mencapai angka 45 persen.

"Sebanyak 58,2 persen massa pendukung Jokowi-Ma'ruf memilih Ganjar. Sementara yang memilih Prabowo, ada 24,6 persen. Sedangkan Anies, mencapai 9,9 persen," jelas Djayadi, Rabu (30/8).

Di basis Prabowo-Sandi, sebanyak 52,5 persen memilih Ketua Umum Partai Gerindra. Sebanyak 39,1 persen mencoblos Anies. Dan yang menjagokan Ganjar, mencapai 4,6 persen.

"Jadi, pemilih Prabowo di 2019, cukup banyak yang pindah, dari Prabowo ke Anies. Sudah hampir 40 persen," jelas Djayadi.

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Menang Simulasi 3 Nama, Tapi Jangan Terlena

Sementara dari segi partai, PDIP memimpin dengan angka 19,3 persen. Saat ini, sebanyak 68,3 persen pendukung PDIP, memilih Ganjar. 

Setipe dengan PDIP, Gerindra yang menguasai 12,6 persen suara, lebih banyak mendukung Prabowo, dengan angka 65,1 persen. Yang memilih Anies, ada 25 persen.

"Pendukung Golkar di 2019, lebih condong ke Pak Prabowo, dengan angka 43,3 persen. Jadi mungkin, deklarasi Golkar kemarin, cocok dengan ini," papar Djayadi.

Sementara pendukung PKB, cenderung ke Prabowo. Sedangkan pemilih NasDem PKS, Demokrat, condong ke Anies.

Pemilih PAN, terbagi ke Anies 40 persen, Prabowo 30 persen, dan Ganjar 30 persen. 

Yang unik, kata Djayadi, adalah fenomena PPP. Pemilih PPP di 2019 justru lebih banyak mendukung Anies, dengan angka 43,5 persen. Baru setelah itu, Prabowo (30,4 persen) dan Ganjar (17,4 persen).

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Teratas, Prabowo Membuntuti, Anies Anjlok

"Padahal, PPP ada di dalam koalisi Ganjar," cetus Djayadi.

Survei nasional tatap muka ini dijalankan LSI pada 3-9 Agustus 2023, dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (multistage random sampling).

Survei ini menggunakan margin of error sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Baca juga : Prabowo-Gibran Mulai Dipasarkan

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.