Dark/Light Mode

Musim Kemarau, Danone AQUA Bantu Puluhan Ribu Liter Air Bersih Gratis Di Jabar

Kamis, 21 September 2023 20:45 WIB
Bantuan penyaluran air bersih di Jawa Barat. (Foto: Ist)
Bantuan penyaluran air bersih di Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga kampung Ciletuh Lamsi dan Wates, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor berbondong-bondong ke luar dari rumah untuk mengambil air bersih yang disalurkan AQUA ke dua kampung tersebut, Rabu (20/9).

Warga kedua kampung mengaku sudah beberapa bulan terakhir sulit mendapatkan air bersih. Karena dilanda musim kemarau. Sehingga warga harus membeli air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

"Syukurlah hari ini AQUA datang menyalurkan air bersih kepada kami," kata warga Kampung Ciletuh Lamsi Uci (62) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan. Ia tampak masih kuat memikul dua ember besar membawa air bersih ke rumahnya berkali-kali.

Baca juga : Relawan Gardu Ganjar Salurkan 70 Ribu Liter Air Bersih Untuk 437 KK Di Serang

Koordinator CSR Pabrik AQUA Lido Maman Suparman mengatakan, pabrik AQUA Lido menyalurkan rata-rata sekitar 30.000 liter air bersih per dua hari selama musim kemarau ini, ke beberapa desa sekitar yang sulit mendapatkan bersih. 

"Selain kedua kampung tersebut, kami salurkan air bersih juga ke Gombong Onan, Ciletuh Hilir, Ciletuh Girang, Pasir Kuda, Desa Sorogol, Desa Cisalada," kata Lido Maman Suparman.

Kepala Desa Wates Jaya Rudi Irawan menjelaskan, sebenarnya sarana air bersih di Desa Wates Jaya sudah cukup memadai. 

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Beri Solusi Ke Warga Cara Budi Daya IkanĀ 

"Namun karena perubahan tata ruang dan lingkungan membuat debit air di Wates Jaya menurun selama musim kemarau," ungkap Rudi Irawan. 

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian AQUA menyalurkan air bersih kepada warga desa kami," sambungnya.

Senior External Relations Manager Danone-AQUA Wilayah Jawa Barat Murtijo mengatakan bahwa penyaluran air bersih ini juga dilakukan AQUA di berbagai lokasi lain di Jawa Barat, seperti di Sukabumi, Sentul, Parung, Subang, dan Cianjur. 

Baca juga : Relawan Ganjar Untuk Semua Bantu Redam Kekeringan Di Kabupaten Serang

AQUA, sebutnya, langsung bergerak menyalurkan air bersih kepada masyarakat di berbagai lokasi di Jawa Barat selama musim kemarau ini. 

"Hal itu merupakan bagian dari upaya kami ikut meringankan beban warga masyarakat yang kesulitan memperoleh air bersih," pungkasnya.

Warga di berbagai wilayah di Jawa Barat menggunakan berbagai wadah untuk mendapatkan air bersih. Ada yg gunakan ember, jerigen, tong, gerobak dengan galon-galon, dan lain-lain.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :