Dark/Light Mode

Semester I, Danamon Kantongi Laba Bersih Rp 1,5 T

Senin, 31 Juli 2023 19:12 WIB
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) membukukan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp 1,5 triliun pada Semester I-2023.

Total kredit dan trade finance tumbuh 15 persen mencapai Rp 161 triliun secara tahunan (yoy). Pertumbuhan ini ditopang pertumbuhan kredit di semua segmen bisnis. Kredit untuk segmen Enterprise Banking & Financial Institution naik 11 persen mencapai Rp 74 triliun. 

Sedangkan Kredit yang berasal dari Pembiayaan anak usaha Danamon, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) tumbuh 24 persen mencapai Rp 50,9 triliun. Selain itu, Adira Finance berhasil membukukan pertumbuhan pembiayaan baru sebesar 43 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Baca juga : Semester I, Toyota Ekspor 139.581 Mobil

Sementara, kredit konsumen mencatatkan tingkat pertumbuhan tertinggi, sebesar 28 persen mencapai Rp 14,2 triliun, lebih tinggi dari pertumbuhan 24 persen pada kuartal lalu. Sementara kredit UKM menunjukkan peningkatan 7 persen.

Sedangkan total pendanaan meningkat 5 persen mencapai Rp 140,8 triliun. Pendanaan Granular Danamon terus tumbuh sebesar 6,4 persen

Net Interest Margin (NIM) terus meningkat sebesar 35 basis poin (bps). Sedangkan Pendapatan Operasional meningkat 6 persen menjadi Rp 8,8 triliun.

Baca juga : Semester I-2023, BNI Agen46 Capai 173 Ribu Bukukan Transaksi Rp 28,4 Triliun

Danamon juga berkomitmen untuk memperkuat kualitas asetnya dengan rasio Loan at Risk (LAR) termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi berhasil turun menjadi 12,9 persen membaik 210 bps. Rasio cakupan Non Performing Loan (NPL) mencapai rekor tertinggi sebesar 259,9 persen karena Bank tetap menjaga kehati-hatian di tengah pertumbuhan kredit.

Rasio Kecukupan Modal (CAR) Bank tetap menjadi salah satu yang terkuat di kategorinya. CAR konsolidasi mencapai 28,2 persen pada paruh pertama tahun 2023, jauh di atas persyaratan minimum. 

Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima mengatakan, pencapaian pertumbuhan kredit yang berkelanjutan diikuti dengan peningkatan NIM dan Pendapatan Operasional mencerminkan bahwa Danamon berada di jalur yang benar dalam strategi dan investasinya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi bank. 

Baca juga : Top, BNI Kantongi Laba Rp 10,3 Triliun

“Kami akan sepenuhnya memaksimalkan keunikan kami sebagai bank hybrid, kombinasi kehadiran dan keahlian lokal yang kuat dengan kapabilitas dan jaringan global melalui ekosistem MUFG untuk memperluas bisnis kami dan mencapai level baru dalam kinerja kami,” katanya, Senin (31/7).

Danamon juga berkomitmen untuk fokus pada kebutuhan nasabahnya dan mencari cara terbaik dalam memberikan solusi keuangan holistik bagi mereka. Melalui tema HUT Danamon ke-67, Tumbuh Bersama, Danamon ingin menekankan kesediaannya untuk selalu hadir mendukung pertumbuhan nasabah, mitra bisnis, karyawan, komunitas dan akan selalu mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.