Dark/Light Mode

Ditinjau Presiden, Kawasan Rumah Jabatan Menteri Di IKN Masih Minim Penghijauan

Jumat, 22 September 2023 15:41 WIB
Kawasan pembangunan rumah jabatan menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan KIPP Ibu Kota Nusantara.
Kawasan pembangunan rumah jabatan menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan KIPP Ibu Kota Nusantara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju meninjau langsung proses pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) yang sedang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara. 

Presiden berharap pembangunan rumah jabatan menteri bisa berjalan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan dan tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan memperbanyak penanaman pohon di lingkungan kompleks perumahan tersebut.

Presiden juga melihat-lihat sejumlah ruangan yang ada di rumah jabatan menteri tersebut seperti area kedinasan dan ruang keluarga serta para pekerja yang sedang menyelesaikan konstruksi di lapangan. 

Baca juga : PUPR Kebut Pembangunan Rumah Jabatan Menteri Di IKN

Saat meninjau bagian halaman depan rumah Presiden juga meminta agar lebih banyak pohon yang ditanam agar rumah tapak jabatan menteri lebih asri dan hijau.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijant meminta kontraktor PT Adhi Karya (Persero) dengan PT. Ciriajasa Engineering Consultant (CEC) untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan hunian tersebut. Sedangkan paket Manajemen Kontruksi Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di KIPP IKN akan dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero) - PT.Indah Karya (Persero) - PT. Surya Perkasa Raya KSO.

"Progres pembangunan masih sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan kami akan menanam pohon lebih banyak agar rumah jabatan menteri ini hijau dan meminimalisir penebangan seperti konsep pembangunan IKN, yakni forest city," terangnya.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Pemerintahan Bersih Masih Jadi PR Yang Harus Dituntaskan

Sebagai informasi, sebanyak 36 unit rumah jabatan Menteri akan dibangun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di lokasi KIPP IKN tepatnya di Persil 104 sebanyak 24 unit dan Persil 105  sebanyak 12 unit lengkap dengan prasarana, sarana dan utilitasnya. Proses pembangunan dimulai sejak 7 Desember 2022 lalu, dan diharapkan selesai bulan awal Juni 2024 mendatang. 

Sebagai langkah penyesuaian desain bangunan terhadap kontur lahan yang ada serta untuk efisiensi cut and fill, maka rumah tapak jabatan menteri menggunakan dua tipologi rumah yakni tipe upslope digunakan pada kondisi elevasi area belakang rumah lebih tinggi dari jalan dan tipe downslope yang digunakan pada kondisi elevasi area belakang rumah lebih rendah dari jalan.

"Saat ini sudah ada 32 unit rumah yang konstruksinya sedang dibangun dan sisanya sebanyak 4 unit akan segera dibangun. Ada dua tipe rumah jabatan Menteri yakni Downslope sebanyak 11 unit dan Upslope 25 unit dan kami harap semua proses konstruksi bisa selesai tepat waktu," harapnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.