Dark/Light Mode

Bikin 254 Artikel Covid-19 Sejak 2020, Prof Tjandra Terima 5 Surat Apresiasi

Jumat, 22 September 2023 17:47 WIB
Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama saat menerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 28 September 2022 lalu. (Foto: Rakyat Merdeka/Putu Wahyu Rama)
Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama saat menerima anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 28 September 2022 lalu. (Foto: Rakyat Merdeka/Putu Wahyu Rama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menerima surat apresiasi dari sejumlah pihak setelah tulisannya tentang Covid-19 diketahui tembus 254 artikel.

Jumlah artikel sebanyak itu ditulis sejak Oktober 2020 sampai Juni 2023 dan tayang di sejumlah media nasional, baik cetak maupun online. 

"Sebagian tentu dimuat di Rakyat Merdeka, terimakasih banyak ya," kata Prof Tjandra dalam keterangannya, Jumat (22/9).

Selain Rakyat Merdeka, artikel Prof Tjandra juga tayang di Harian Kompas, Koran Sindo, Suara Pembaharuan, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Majalah Gatra, The Jakarta Post, Kontan, Detik.com, Viva.co.id, BeritaSatu.com, Liputan6.com, MNCTrijaya.com, Tribunnews.com dan lainnya.

Salah satu surat apresiasi datang dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Surat ini diteken oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdidjat yang juga Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat Dan Daerah.

Baca juga : Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023, Prof Tjandra Ingatkan Konsep REEA

Sosok yang karib disapa Rerie itu menyampaikan apresiasi kepada Direktur Program Pasca Sarjana Universitas YARSI ini atas dedikasi dan sumbangsih pemikirannya di media massa.

"Semoga tulisan-tulisan yang sudah terbit di media massa ini menjadi motivasi dan tekad kita bersama mewujudkan kesehatan masyarakat, sehingga terciptanya pembangunan yang adil dan sejahtera," bunyi surat bertanggal 8 September 2023 ini.

Selang sepekan kemudian, giliran Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang mengirimkan surat dengan perihal apresiasi ke Prof Tjandra, tanggal 15 September 2023.

"Besar harapan kami, Prof Tjandra dapat terus berkarya dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan di bidang kesehatan di Indonesia," bunyi surat yang diteken Anggota Wantimpres Agung Laksono.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) juga menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan lewat secarik surat yang dikirimkan pada tanggal 13 September 2023.

Baca juga : Ini Saran Prof Tjandra Untuk Pemerintah Dan Masyarakat Atasi Polusi Udara

Mereka percaya bahwa 254 artikel yang ditulis Prof Tjandra telah memberi pencerahan kepada masyarakat ketika masa COVID-19. 

"Jumlah 254 artikel di media massa merupakan jumlah terbanyak artikel COVID-19 yang ditulis oleh seseorang, dalam bentuk partisipasi nyata untuk penyuluhan kesehatan pada masyarakat luas di negara kita," demikian penggalan surat penghargaan dari PDPI.

Tak cuma dari dalam negeri, apresiasi atas konstribusi pemikian Prof Tjandra juga datang dari sejumlah organisasi internasional. 

Salah satunya dari Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP). Surat berbahasa Inggris itu diteken oleh Program Director AIHSP John Leigh. 

Regional Director The Union Asia Pasific Tara Singh Bam juga mengirimkan surat apresiasi yang telah berkonstribusi hingga 254 tulisan terkait pandemi Covid-19 untuk kesehatan publik.

Baca juga : Dukung Perpres Akhir Pandemi Covid, Prof Tjandra Usul Strategi Jangka Panjang

"Kami menantikan kontribusi Anda yang berkelanjutan, dengan keyakinan bahwa hal tersebut akan lebih memajukan sektor kesehatan di Indonesia dan di luar negeri," tulis Tara Singh Bam di suratnya.

Tahun lalu, Prof Tjandra juga meraih anugerah di Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Edukasi dan Literasi Kesehatan Masyarakat". Penghargaan itu diserahkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 28 September 2022 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.