Dark/Light Mode

Mahfud: Kalau Hukum Tegak Dengan Benar, Separuh Masalah Bangsa Selesai

Minggu, 17 September 2023 10:52 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) dalam acara pengukuhan adiknya, Prof. Dr. Siti Marwiyah SH MH sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Unitomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/9/2023).
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) dalam acara pengukuhan adiknya, Prof. Dr. Siti Marwiyah SH MH sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Unitomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/9/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator, Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan pentingnya integritas moral, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia hukum.

Mendapat gelar guru besar, menurutnya bukanlah perkara sulit, sepanjang kita mau.

Baca juga : Semoga Bisa Redam Inflasi

Mahfud bilang, di bidang ilmu hukum, yang terpenting bukan ilmunya. Karena saat ini, ilmu mudah sekali diakses di internet. Yang sulit itu, membangun integritas moral.

"Sekarang, di Indonesia banyak sekali sarjana hukum, tapi masalah hukum menjadi penyakit yang paling besar di Indonesia," kata Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan adiknya, Prof. Dr. Siti Marwiyah SH MH sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga : Mahfud: Penegakan Hukum Oke, Separuh Masalah Bangsa Tuntas

Kata Mahfud, ujungnya hukum itu ada dua. Selain memberikan kepastian bagi kalangan atas semisal dunia usaha, investasi, dan sebagainya, hukum juga memberikan perlindungan bagi masyarakat bawah, pihak yang lemah atau rakyat kebanyakan.

“Itu sebabnya, hukum harus ditegakkan. Bila hukum tegak dengan benar, separuh masalah bangsa akan selesai,” tegas Mahfud.

Baca juga : Indonesia Lebih Pilih Jadi Anggota OECD

Selain menggarisbawahi pentingnya integritas moral, Mahfud juga mengingatkan, bahwa jabatan adalah amanah. Karena itu, jangan memburu atau mengejar jabatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.