Dark/Light Mode

Pemprov Jatim Raih Penghargaan IPSKA Terbaik Kemendag

Khofifah: Perizinan Ekspor Kian Mudah Dan Cepat

Rabu, 27 September 2023 12:48 WIB
Pemprov Jawa Timur berhasil meraih penghargaan sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal IPSKA Terbaik kategori Kinerja Penerbitan SKA dari Kemendag. Foto: Istimewa
Pemprov Jawa Timur berhasil meraih penghargaan sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal IPSKA Terbaik kategori Kinerja Penerbitan SKA dari Kemendag. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berhasil meraih penghargaan sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) Terbaik kategori Kinerja Penerbitan SKA dari Kementerian Perdagangan RI.

Penghargaan ini diterima Pemprov Jatim karena dinilai telah memenuhi kriteria jumlah Surat Keterangan Asal (SKA) terbanyak, nilai ekspor tertinggi dan jumlah eksportir pengguna SKA terbanyak.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Iwan dalam gelaran Rapat Koordinasi IPSKA di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/9) pagi.

Sebagaimana diketahui, SKA sangat bermanfaat untuk peningkatan daya saing produk Indonesia di negara tujuan ekspor. Sebab SKA dapat mengurangi bahkan membebaskan bea masuk di negara tujuan yang telah memiliki perjanjian dagang atau Free Trade Agreement dengan Indonesia.

Baca juga : Khofifah Komitmen Majukan Bidang Peternakan Di Jatim

Atas penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para eksportir dan insan perdagangan Jatim. Ia juga menyebut bahwa penghargaan ini adalah wujud kemudahan serta kecepatan perizinan ekspor di Jatim.

"Alhamdulillah, ikhtiar kita untuk memajukan ekspor di Jatim kembali diapresiasi. Ini wujud kerja keras kita semua yang tidak henti berupaya membuka jalan pemasaran ke luar negeri bagi seluruh pelaku usaha di Jawa Timur," ungkapnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (27/9).

Khofifah menambahkan, Pemprov Jatim terus menggenjot penerbitan SKA. Hal itu dilakukan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Yakni untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan investasi harus diiringi dengan kecepatan dan kemudahan proses perizinan.

"Wujud percepatan dan kemudahan itu salah satunya adalah SKA ini. Karena sebelumnya, banyak komoditi kita yang sebenarnya sudah standar ekspor, namun terkendala oleh perizinan, sehingga belum bisa menembus pasar mancanegara. Tentu kita tidak mau hal ini jadi penghambat," lanjut Khofifah.

Baca juga : Mendag Pesan, Kerek Ekspor Nonmigas Dengan Inisiatif Dan Kreativitas

Berdasarkan data Disperindag Prov. Jatim, selama Januari-Agustus 2023 Pemprov Jatim telah menerbitkan 70.784 SKA dengan nilai ekspor (FOB) sebesar 7,24 miliar dolar AS, atau setara 56,83 persen dari total ekspor nonmigas Jatim.

Tidak hanya itu, pertumbuhan ekspor non migas Jatim month to month (mtm) tumbuh sebesar 160 juta dolar AS atau setara 11,84 persen pada Agustus 2023. Tumbuhnya nilai ekspor dipengaruhi oleh kemudahan dan kecepatan penerbitan SKA bagi para eksportir.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah berpesan, penghargaan ini tidak boleh kemudian menjadi tujuan akhir. Sebaliknya, penghargaan ini harus mendorong pelayanan IPSKA untuk lebih ditingkatkan kualitasnya.

Karena kecepatan dan kemudahan perizinan bagi para eksportir adalah kunci untuk meningkatkan nilai ekspor. Sehingga, pelayanan IPSKA Jatim terus berbenah ke depan.

Baca juga : Maruarar Sirait Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Kepemudaan Dan Olahraga

"Terima kasih atas kerja kerasnya selama ini, semoga penghargaan ini bisa menjadikan pelayanan IPSKA Provinsi Jawa Timur semakin baik dalam membantu eksportir yang membutuhkan SKA. Harapannya ikhtiar ini bisa terus meningkatkan nilai ekspor Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.