Dark/Light Mode

Gelar Pentas Kesenian Tradisional Bajidor

Relawan Kenalkan Ganjar Pranowo Ke Masyarakat Jawa Barat Lewat Budaya

Kamis, 28 September 2023 10:27 WIB
Gelar Pentas Kesenian Tradisional Bajidor Relawan Kenalkan Ganjar Pranowo Ke Masyarakat Jawa Barat Lewat Budaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Melalui pendekatan budaya, Ketua Umum Ganjar Muda Padjajaran (GMP) Rendra Wibawa yakin Ganjar Pranowo mampu dikenal oleh masyarakat Jawa Barat di berbagai kalangan.

Hal tersebut diutarakannya dalam kegiatan pentas kesenian tradisional Bajidor di Kebon Awi yang bertempat di Udjo Ecoland, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/9).

"Daya tarik masyarakat terhadap kesenian khas Jawa Barat masih cukup tinggi. Berdasarkan data terkait pendekatan-pendekatan yang bisa dilakukan kepada Masyarakat Jawa Barat, nomor satu itu ada pendekatan agama, kemudian budaya itu menjadi pendekatan kedua. Ini upaya yang bisa dilakukan oleh kita ketika ingin melakukan pengenalan kepada sosok Presiden," ujar Rendra.

Baca juga : Relawan Balad Ganjar Bantu Beroperasi Kembali Bengkel Kapal Di Cimanuk

Dalam beberapa kesempatan GMP kerap memberikan ruang dan kesempatan terhadap pelaku kesenian tradisional di Jawa Barat. Lanjutnya, hal tersebur dirasa penting dalam menjaga kelestarian dan eksiatensi kesenian tradisional kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

"Bajidor itukan kita tahu adalah salah satu kesenian sunda dan GMP dalam beberapa kesempatan melakukan apresiasi terhadap kesenian tradisional dan pelaku seni yang ada di Jawa Barat dalam rangka menjabarkan Pak Ganjar seperti yang jadi visi GMP," lanjut Rendra.

Dalam pentas seni tersebut GMP berkolaborasi bersama Saung Angklung Udjo yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo dan Namin Group yang didirikan oleh Ega Robot seorang seniman asal Jawa Barat.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Disambut Sukacita Masyarakat Medan

Lanjut Rendra, pentas tersebut mendapatkan animo yang cukup tinggi dari masyarakat. Terbukti, hingga malam hari semakin dipadati oleh pengunjung yang hadir menikmati acara tersebut. 

"Pertunjukan hari ini kita mendapatkan antusiasme dari Masyarakat, bisa kita lihat dari acara hari ini yang sudah mendaftarkan diri melalui form online ada 300 orang, tapi yang datang melebihi. Artinya, disini kita bisa menyosialisasikan secara tidak langsung sosok Pak Ganjar dibalut dengan kesenian," ujar Rendra.

Pada kesempatan sebelumnya, GMP sempat mengadakan pentas seni tradisional wayang dan bergerak hingga pada akhirnya menyaring banyak ide untuk mengagendakan kegiatan kesenian tradisional lanjutan.

Baca juga : Relawan Gardu Ganjar Dan Para Ulama Dan Kiai Bahas Sosok Pemimpin Ideal

"Sebelumnya kami melakukan pertunjukan wayang bekerjasama dengan jelepong Kabupaten Bandung juga kita menyaring banyak ide-ide ternyata mereka juga memiliki kesamaan dengan Pak Ganjar," kata Rendra.

Selama menggaet pelaku-pelaku seniman, Rendra mengaku banyak mendengar ide-ide kreatif dari seniman. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu acuan GMP dalam merencanakan strategi menysosialisasikan sosok Ganjar Pranowo. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.