Dark/Light Mode

Perkaya Wawasan Jemaah Majelis Taklim

Relawan Tuan Guru Ganjar Disambut Sukacita Masyarakat Medan

Selasa, 26 September 2023 19:49 WIB
Sejumlah jemaah Majelis Taklim Al Ghofar di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatra Utara merasakan manfaat dari kegiatan edukasi yang digagas sukarelawan Tuan Guru Sahabat TGS Ganjar Sumut. (Foto: Ist)
Sejumlah jemaah Majelis Taklim Al Ghofar di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatra Utara merasakan manfaat dari kegiatan edukasi yang digagas sukarelawan Tuan Guru Sahabat TGS Ganjar Sumut. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah jemaah Majelis Taklim Al Ghofar di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara merasakan manfaat dari kegiatan edukasi yang digagas sukarelawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut.

Kegiatan bertajuk "Tinjauan Psikologis dan Medis Terkait Pelaksanaan Puasa Senin dan Kamis" itu dilaksanakan pada Selasa (26/9). TGS Ganjar menghadirkan Ustadz Siddik Arfandi sebagai pemateri pada momen tersebut. 

Salah seorang jemaah Majelis Taklim Al Ghofar, Al Raihana MG (48) mengaku kehadiran relawan Ganjar Pranowo itu memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat lantaran materi kegiatan kali ini sangat menarik.

"Ya, sangat senang sekali karena sebagai ibadah juga sebagai kesehatan untuk diri sendiri," jelas Raihana.

Baca juga : Relawan Gardu Ganjar Dan Para Ulama Dan Kiai Bahas Sosok Pemimpin Ideal

Senada, Edo Prabowo (25) perwakilan Majelis Taklim Al Ghofar mengatakan edukasi tersebut menginspirasi masyarakat untuk hidup sehat dengan menjalankan puasa sunah Senin Kamis secara rutin.

"Kegiatan yang diberlangsungkan pada saat ini membawa manfaat yang sangat besar terutama mengedukasi masyarakat bahwasanya puasa Senin kamis itu banyak manfaatnya. Mulai dari menyehatkan tubuh kemudian melaksanakan sunah-sunah nya juga," kata Edo di lokasi.

Puasa merupakan suatu amalan untuk memperoleh pahala dan keberkahan. Di samping itu rupanya puasa juga dipercaya baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Dia pun mengapresiasi langkah dari kelompok relawan TGS Ganjar Sumut yang selalu menebar kebaikan dan kebermanfaatan untuk masyarakat. Edukasi manfaat puasa senin kamis tersebut adalah salah satunya.

Baca juga : Relawan Pemuda Mahasiswa Ganjar Gelar Pelatihan Digital Marketing

"Jadi sungguh memang kami berterimakasih atas edukasi yang telah diberikan daripada kegiatan puasa senin kamis dari tema kami pada hari ini," ungkap dia.

"Harapan dari kami sendiri teruslah diberlangsungkan kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini bukan hanya untuk saat ini tapi juga berkesinambungan untuk ke depannya," imbuh dia.

Puasa menjadi media yang tepat untuk membangun dan meningkatkan kecerdasan emosional dan psikologis.

Misalnya, puasa mengajarkan seseorang untuk meningkatkan kesabaran, menahan emosi dan hawa nafsu sehingga mampu mengurangi stress. 

Baca juga : Relawan Pandawa Ganjar Bersama Masyarakat Kompak Bersih-Bersih 

Kemudian, keutamaan lainnya ialah dapat mengontrol gula darah, menurunkan kadar lemak, mengeluarkan racun dalam tubuh, hingga menyehatkan jantung.

Oleh karenanya, Koorwil TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika berharap kegiatan ini dapat menjadi booster atau mendorong masyarakat khususnya jemaah majelis taklim yang hadir supaya selalu mengamalkan ibadah sunah tersebut demi kesehatan diri.

"Harapan kita kepada majelis taklim agar lebih senantiasa mendekatkan diri kepada Allah yang maha kuasa setelah mungkin mereka nanti memahami tentang konsep-konsep dan hal-hal yang disampaikan tentang pentingnya puasa Senin Kamis ini ya kita harapkan ke depannya masyarakat ini bisa lebih giat dalam melaksanakan," tukas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.