Dark/Light Mode

Warga Rempang yang Pindah Sukarela: Kami Percaya pada Pemerintah

Kamis, 28 September 2023 20:02 WIB
Proses pindahan warga Rempang yang dibantu petugas BP Batam. (Foto: Dok. BP Batam)
Proses pindahan warga Rempang yang dibantu petugas BP Batam. (Foto: Dok. BP Batam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengusahaan Batam terus melakukan pendekatan persuasif kepada warga Rempang. Sebanyak tiga kepala keluarga (KK) di Kelurahan Sembulang telah bersedia secara sukarela untuk pindah ke hunian sementara, Senin (25/9).

Tiga KK yang telah bersedia pindah dan memilih hunian sewa mandiri adalah keluarga Indah Sumiati, warga Sembulang; keluarga Sarina, warga Pasir Panjang; dan keluarga Winarto, warga Sei Buluh.

Keluarga Indah Sumiati telah menempati hunian sementara di sebuah rumah hook yang nyaman, di Tembesi, Senin (25/9). Proses pindahan keluarga Indah dibantu penuh personil BP Batam, mulai dari pengangkatan barang, kendaraan, penurun barang kembali, hingga memastikan seluruhnya sampai ke rumah hunian mandiri.

“Saya dan keluarga percaya kepada pemerintah dan keadaan saat ini. Semoga proyeknya (pengembangan Rempang) bisa berjalan maksimal dan rumah baru kami bisa segera selesai,” tutur Indah, seperti dimuat di laman BP Batam.

Baca juga : Kalapas Kelas I Cipinang Dukung Pengungkapan Kasus Peredaran Narkoba

BP Batam telah menyerahkan uang sewa dan biaya hidup sebesar Rp 14,4 juta kepada keluarga Indah. Dengan rincian, uang sewa selama tiga bulan sejumlah Rp 3,6 juta dan uang biaya hidup senilai Rp 10,8 juta.

Indah menyampaikan, seluruh proses pemindahan dibantu penuh personil BP Batam. Sehingga, ia yang sedang mengandung anak kedua, tidak direpotkan dengan proses pemindahan barang.

“Alhamdulillah lancar, kami dibantu semua. Rumah sini pun nyaman. Anak senang, banyak tetangga, langsung mau main sepeda. Di sana kan beda, kawan jauh (di Sembulang) ketemu hanya waktu posyandu aja,” tutur Indah.

“Kami memulai sesuatu yang baru, saya hamil juga. Kita percaya pada Pemerintah. Doa saya semoga upaya Pemerintah bisa berjalan lancar dan segera selesai rumah kami,” harap Indah.

Baca juga : 3 KK Warga Rempang Pindah ke Hunian Sementara, Langsung Dapat Uang Sewa dan Biaya Hidup

Keluarga Sarina, warga Pasir Panjang Sembulang, turut pemindahan dengan memilih sewa sendiri, dibantu personil BP Batam, di area Perumahan Taman Pesona Indah. BP Batam langsung menyerahkan uang senilai Rp 10,8 juta kepada keluarga Indah. Dengan rincian, uang sewa selama tiga bulan sebesar Rp 3,6 juta dan biaya hidup tiga bulan ke depan sejumlah Rp 7,2 juta.

“Kami pindah secara sukarela. Saya dan istri berharap bisa lebih baik kehidupan kami,” ucap Rantau, suami Sarina.

Sarina percaya, Pemerintah tengah menyiapkan yang terbaik. “Saya kerja hari-hari, apa saja sudah saya kerjakan. Jadi, pemindahan ini kami bisa terima. Kami syukur sudah dikasih uang, dikasih rumah dan tanah, dan bersurat-surat resmi juga nantinya rumah kami,” ucapnya.

Kepindahan ini sebagai bentuk dukungan warga sekitar terhadap pengembangan Kawasan Rempang yang masuk dalam daftar Program Strategis Nasional Kemenko Perekonomian.

Baca juga : Hoax Rempang Bertebaran Di Medsos, Pengamat Sarankan Pemerintah Lakukan Mitigasi

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyambut baik kondisi ini. Ia juga berpesan, pergeseran warga yang terdampak pengembangan Rempang Eco-City dilakukan tanpa ada paksaan ataupun intervensi dari pihak mana pun.

“Begitu warga pindah, uang sewa dan biaya hidup untuk tiga bulan langsung diserahkan. Ini bentuk komitmen BP Batam. Kita beri pilihan kepada masyarakat, apakah mereka memilih hunian yang sudah kami siapkan atau memilih secara mandiri. Ambil uang boleh atau menerima hunian yang sudah disiapkan juga boleh,” ujar Rudi, di Marketing Center BP Batam, Selasa (26/9).

Data per Rabu (27/9), warga yang sudah mendaftar berjumlah 317 KK. Sedangkan yang sudah berkonsultasi sebanyak 467 KK.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.