Dark/Light Mode

Pj Gubernur Andap Budi Promosikan Tenun Khas Sultra Di Istana

Senin, 2 Oktober 2023 14:31 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto, menghadiri perayaan Istana Berbatik di Istana Merdeka, Jakarta.

Acara perayaan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi momen baginya untuk mempromosikan tenun khas Provinsi Sultra.

Andap terlihat menggunakan tenun berwarna hitam dan merah yang mewakili etnis di Sultra yaitu Suku Buton dan Suku Muna.

Baca juga : Persib Bantai Persita, Bojan: Ini Laga Sempurna

Kain tenun Buton bermotifkan Lawa atau Pintu Gerbang, sedangkan kain tenun Muna bermotif tikar yang melambangkan kebijaksanaan.

“Pakaian tenun ini memadukan suku yang ada. Artinya adalah persatuan yang harmonis tanpa membedakan etnis ataupun suku,” ungkap Andap, kepada RMid, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, keberagaman yang dimiliki Provinsi Sultra hendaknya menjadi kekuatan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Anoa ini.

Baca juga : Pj Gubernur Dan DPRD Sultra Pastikan APBD Perubahan 2023 Merata

“Sultra memiliki potensi alam yang luar biasa. Potensi tersebut akan memberikan kesejahteraan, apabila seluruh elemen masyarakat ada dalam semangat persatuan," tuturnya.

Pemakaian tenun khas Sultra, lanjut Andap, sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk terus melestarikan Batik Nusantara di seluruh Indonesia sebagai warisan budaya yang telah diakui secara internasional.

Andap hadir bersama Gubernur lainnya dari seluruh penjuru Indonesia. Para pimpinan provinsi ini turut tampil memperagakan batik asal daerah masing-masing.

Baca juga : Pertamina Hadirkan PLTS Di TPS3R Desa Adat Kedonganan

Selain Gubernur, hadir juga dalam peragaan yakni para Dubes negara sahabat, Pimpinan K/L, perwakilan Kerajaan (Solo, DIY, Sumenep, Gowa dan Cirebon), atlet berprestasi serta Putri dan Miss Indonesia mengenakan Batik Nusantara.

Acara Istana Berbatik diselenggarakan menjelang peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Sebelumnya, UNESCO secara resmi telah mengakui batik sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.