Dark/Light Mode

Dubes Saud Krisnawan Promosikan Tekstil Di Pasar Negeri Pelangi

Kamis, 14 September 2023 08:52 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Saud Krisnawan
Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Saud Krisnawan

RM.id  Rakyat Merdeka - Produk tekstil Indonesia tengah merambah pasar Afrika Selatan (Afsel) lewat Threads of Indonesia yang dimotori Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pretoria bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town, hingga Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg.

Threads of Indonesia terdiri atas serangkaian kegiatan yang puncaknya dilaksanakan di Cape Town pada 11-13 September berupa fashion show, business matching, diskusi (talk show), hingga kunjungan pasar dan perusahaan (market and company visit).

Baca juga : Produk Tekstil Indonesia Incar Pasar Afrika Selatan

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Afsel Saud Krisnawan mengatakan, saat ini Indonesia merupakan produsen tekstil terbesar keenam di dunia dan menargetkan posisi kelima terbesar di dunia pada 2030.

Dia menjelaskan, sudah banyak jenama (merek) internasional yang mempercayakan pembuatan produk mereka di pabrik-pabrik di Indonesia, termasuk 35 negara yang memproduksi pakaian militer mereka di Indonesia.

Baca juga : Dubes Qatar Bagikan 1.000 Buku Untuk Di Jakarta

Selain itu, mulai banyak juga merek asli Indonesia yang merambah pasar internasional. Sayangnya, meskipun memiliki kapabilitas yang tinggi, Indonesia bahkan tidak termasuk dalam 10 besar pemasok produk pakaian, tekstil, alas kaki, dan kulit (CTFL) ke Afrika Selatan yang dijuluki Negeri Pelangi.

“Karena itulah kami menginisiasi Threads of Indonesia untuk mempromosikan tekstil dan produk tekstil Indonesia ke pasar Afrika Selatan,” jelas Dubes Saud dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9).

Baca juga : Industri Pertahanan Kita Belum Bangkit

Bertempat di Hotel Mount Nelson, sebuah hotel legendaris di Cape Town, kegiatan fashion show dan business matching Threads of Indonesia dilangsungkan, Senin (11/9). Dua desainer Indonesia, Anita Gathmir dan Jessica Febiani, menampilkan karya-karya yang anggun dengan menonjolkan wastra Nusantara sebagai material dasarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.