Dark/Light Mode

Aksi Nyata Peduli Pendidikan

Relawan Santri Ganjar Gotong Royong Perbaiki MCK Ponpes Sabiilillaah Di Palu

Jumat, 13 Oktober 2023 16:11 WIB
Relawan Santri Dukung Ganjar SDG mengadakan gotong royong perbaikan fasilitas MCK Pondok Pesantren Sabiilillaah yang berada di Jalan Tagari Lonjo, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Ist)
Relawan Santri Dukung Ganjar SDG mengadakan gotong royong perbaikan fasilitas MCK Pondok Pesantren Sabiilillaah yang berada di Jalan Tagari Lonjo, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) mengadakan gotong royong perbaikan fasilitas MCK Pondok Pesantren Sabiilillaah yang berada di Jalan Tagari Lonjo, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (13/10) itu merupakan aksi nyata bentuk kepedulian simpatisan Ganjar Pranowo tersebut terhadap dunia pendidikan. 

"Kami dari SDG Sulawesi Tengah alhamdulillah hari ini kami menggelar kegiatan gotong royong perbaikan MCK di Pondok Pesantren Sabiilillaah. Ini upaya peduli pendidikan, karena kita tahu Pak Ganjar juga fokus di pendidikan. Maka kami juga mengikuti sesuai dengan yang beliau fokuskan di dunia pendidikan," ujar Korwil SDG Sulteng, Rezha Rinaldy. 

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Lampung Motivasi Penyandang Disabilitas Dan Keluarga

Para santri dan sukarelawan sangat antusias merenovasi toilet dan keran air ponpes. Hal itu terlihat dari semangat mereka dalam bergotong royong bersama-sama memperbaiki fasilitas MCK. 

Diharapkan dengan dilakukannya perbaikan sarana dan prasarana tersebut, para santri makin bersemangat dalam menimba ilmu terutama dalam beribadah karena fasilitas keran airnya untuk berwudhu juga sudah diperbanyak. 

"Dan harapan kami semoga santri-santri di Ponpes ini bisa nyaman bisa menuntut ilmu pendidikan agama Islam dengan semangat agar mereka nyaman dengan fasilitas yang kita bantu," jelas Rezha. 

Baca juga : Relawan Usbat Ganjar Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Bareng Warga Di Medan

"Kami bikin keran wudhu, kami juga memperbaiki pintu-pintu yang sudah tidak layak digunakan di toiletnya karena beberapa sudah rusak, jadi kita upgrade kembali. Dan kami memperbaiki juga pengaliran sanitasi yang ada di sekitaran toilet ini," lanjut dia. 

Langkah ini selaras dengan kebijakan Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah yang sangat pro terhadap pendidikan. Adapun salah satu program pro pendidikan yang diinisiasi Ganjar kala itu yakni SMK Negeri Jawa Tengah. 

Dikutip dari laman jatengprov.go.id, SMK Negeri Jawa Tengah kali pertama didirikan tahun 2014 silam yang terdiri dari tiga sekolah berkonsep full boarding. Kemudian 15 sekolah semi boarding yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah. 

Baca juga : Turnamen Bola Relawan Sandi Bikin Banjir Rezeki Pelaku UMKM Kabupaten Tangerang

Pimpinan Ponpes Sabiilillaah Ustaz Izun Nasrulloh pun mengapresiasi bantuan yang diberikan Santri Dukung Ganjar. Dengan total santri putra saat ini sekitar 35 orang, Izun berharap perbaikan ini dapat meningkatkan daya tarik masyarakat luas agar menyekolahkan anaknya di ponpes tersebut. 

"Tentunya dengan adanya perbaikan-perbaikan fasilitas yang ada di pondok ini tentu targetnya adalah untuk menarik minat daripada masyarakat sekitar kota Palu atau di luar kota Palu," kata Izun. 

"Saya berterima kasih kepada relawan Ganjar dan Ganjar Pranowo. Semoga Allah membalas semua kebaikan dari Pak Ganjar dan saya bersyukur kepada Allah SWT," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.