Dark/Light Mode

Aliansi Mahasiswa Geruduk MK, Harap Hakim Netral Putus Gugatan Batas Usia Capres

Minggu, 15 Oktober 2023 20:08 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Aliansi Mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Aksi ini dilakukan menjelang pembacaan putusan batas usia capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan dibacakan pada Senin (16/10/2023) pada pukul 10.00 WIB.

Para mahasiswa terlihat membawa berbagai spanduk yang ditujukan kepada MK, antara lain bertuliskan ‘#ReformasiDikorupsiJilid2’.

Baca juga : GNK Minta MK Bijak Tolak Gugatan Usia Capres-Cawapres

Koordinator aksi, Chepi menyampaikan, aksi yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap integritas MK.

"Kami mendesak MK bersikap netral dalam memutuskan gugatan batas usia capres dan cawapres di Pilpres 2024,” ujarnya, di lokasi aksi.

Chepi menyampaikan, MK tidak memiliki kewenangan untuk menentukan batas usia capres dan cawapres. Yang berwenang menentukan hal tersebut, kata dia, adalah DPR.

Baca juga : Bila MK Mengabulkan Gugatan Usia Capres-Cawapres

Chepi menambahkan, pemindahan kekuasaan adalah sebuah keniscayaan.

Namun, proses ini haruslah berjalan dalam koridor-koridor hukum yang konstitusional.

Chepi mengingatkan, seluruh hakim MK adalah wujud keseimbangan kekuasaan di Indonesia. Sehingga, permainan politik menjadi barang yang haram bagi mereka.

Baca juga : Senin Kliwon 16 Oktober, MK Umumkan Putusan Soal Batas Usia Capres-Cawapres

“Kepentingan politik tidak boleh melekat, apalagi menjadi pandu para hakim mengambil suatu keputusan. Seluruh hakim haruslah berpegang dan kembali pada pada konstitusi negara, dalam menimbang dan memutus segala perkara,” tandas Chepi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.