Dark/Light Mode

Fikom Ubhara Dampingi SDN Muara Bakti 02 Terapkan Belajar Online Berkualitas

Senin, 16 Oktober 2023 16:01 WIB
Fikom Ubhara Jaya berikan pelatihan dan pendampingan literasi pembelajaran online kepada siswa dan guru SDN Muara Bakti 02 Bekasi. (Foto: Dok. Fikom Ubhara Jaya).
Fikom Ubhara Jaya berikan pelatihan dan pendampingan literasi pembelajaran online kepada siswa dan guru SDN Muara Bakti 02 Bekasi. (Foto: Dok. Fikom Ubhara Jaya).

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Fikom Ubhara Jaya) memberikan pelatihan dan pendampingan literasi pembelajaran online kepada SDN Muara Bakti 02 Bekasi.

Literasi masih perlu diberikan bagi guru, siswa maupun orangtua guna meningkatkan kualitas belajar Dalam Jaringan (Daring).

“Terlaksananya belajar online yang harus didukung kecakapan digital para guru serta bagaimana membangun Learning Management Systems,” jelas Ketua Dekan Fikom Ubhara Jaya, Aan Widodo saat membuka dan menjadi pemateri kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Berdasarkan observasi terdapat sejumlah kendala dalam praktik pembelajaran Daring diantaranya mengenai kurangnya pemahaman pembelajaran secara online baik dari sisi sekolah maupun dari pihak rumah yakni orangtua.

Baca juga : Cocok Dampingi Ganjar, Ini Keunggulan Andika Perkasa

Keterampilan menggunakan teknologi pendukung pembelajaran yang terbatas. Dalam implementasinya, terdapat guru maupun siswa terlebih orangtua yang belum memiliki keterampilan dalam menerapkan Learning Manajemen Sistem pembelajaran.

Masih dijumpai pembelajaran masih dilakukan melalui sarana komunikasi “WhatsApp Group”.

Ketua Tim Riset dan PKM, Aan Widodo menilai literasi tidak saja tertuju pada guru tapi juga siswa, orangtua dan pihak terkait lainnya. Termasuk juga diberikan pemahaman bahwa WhatsApp Group (WAG) dan video call bukan fasilitas untuk melakukan pembelajaran daring melainkan hanya sarana koordinasi.

“Tercapainya kualitas pembelajaran Daring yang ideal juga tidak lepas dari dukungan perangkat teknologi komunikasi digital yang dimiliki siswa dan guru, begitu juga jangkauan sinyal internet,” tambah Doktor Komunikasi jebolan Unpad yang kini menjabat Dekan Fikom Ubhara Jaya dalam keterangannya dikutip Senin (16/10).

Baca juga : Kebutuhan Masyarakat Masih Tinggi, ANKER Hadirkan Baterai Alkaline Sekali Pakai

Didampingi dosen Moh. Rifaldi Akbar, dan Wa Ode Siti Nurhaliza, serta sejumlah mahasiswa Fikom Ubhara, Aan menyampaikan materi literasi, diskusi serta pendampingan kepada segenap tenaga pendidik, siswa dan operator sekolah.

Sebagai pemateri kedua, Moh. Rifaldi menyampaikan soal pemanfaatan platform pertemuan virtual seperti Zoom Meeting, Google Meet dan sejenisnya yang dapat menjadi ruang pembelajaran Daring pengganti tatap muka di kelas.

Kehadiran para dosen dan mahasiswa Fikom Ubhara Jaya disambut antusias Kepala SDN Muara Bakti 02 Bekasi, Rohimah mengaku masih terus belajar soal praktik Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berbasis internet.

Pihaknya memahami bahwa belajar daring diterapkan sebagai dampak situasi darurat menghadapi Pandemi Covid-19.

Baca juga : Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, BNI Terapkan Layanan Operasional Terbatas

"Belum semua guru dan siswa siap melaksanakan Daring. Piihaknya masih membutuhkan pendampingan dan pelatihan di dalam pelaksanaannya," ujar Rohimah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.