Dark/Light Mode

Gelar CPA Days 2023

IAPI Dorong Generasi Muda Jadi Akuntan Publik Berkualitas

Rabu, 6 September 2023 14:28 WIB
IAPI menggelar CPA Days 2023 untuk mendorong fenerasi muda menjadi akuntan publik. (Foto: Istimewa)
IAPI menggelar CPA Days 2023 untuk mendorong fenerasi muda menjadi akuntan publik. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) terus berupaya mencetak Akuntan Publik berkualitas di seluruh wilayah Indonesia.

Kali ini IAPI menyasar kalangan mahasiswa melalui kegiatan bertajuk CPA Days 2023” yang digelar di Auditorium Gedung D, Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, 6-7 September 2023.

Melalui gelaran CPA Days 2023, IAPI menyosialisasikan program-program unggulannya ke generasi muda.

”Mahasiswa sebagai tunas muda penerus profesi akuntan diharapkan memiliki kemampuan mumpuni, baik yang berkaitan dengan kompetensi akademisi (hardskills) maupun softskills,” kata Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja dalam keterangannya, Rabu (6/9).

Hendang mengatakan, ajang kompetisi dan pendidikan untuk kawula muda ini hasil kolaborasi antara IAPI dan Universitas Trisakti.

Baca juga : Harpelnas 2023, BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan Jadi Prioritas

"Kegiatan ini merupakan kali keempat, setelah sebelumnya diselenggarakan di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Multimedia Nusantara," ujar Hendang .

Perhelatan tahunan ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Erawati; Rektor Universitas Trisakti, Kadarsah Suryadi; dan Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja beserta jajaran Dewan Pengurus IAPI.

CPA Days 2023 mengusung tema "Be a Trusted, Stylish, and Inspiring Professional".

Tema ini mencerminkan esensi dari upaya pengembangan profesi yang satu ini, yaitu menjadi “Trusted Professional” dengan mengedepankan Kode Etik Profesi Akuntan Publik dan Standar Profesional Akuntan Publik.

Lebih lanjut Hendang menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang berbagi pengetahuan tentang akuntansi dan audit, personal branding, serta pengenalan profesi Akuntan Publik.

Baca juga : Gabungan Seniman Ganjar Dorong Anak Muda Berani Unjuk Bakat

”Penyelenggaraan acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan skill serta minat mahasiswa pada profesi Akuntan Publik dan mengikuti Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP) yang diselenggarakan oleh IAPI,” ujar Hendang.

CPA Indonesia merupakan satu-satunya kualifikasi profesional menjadi Akuntan Publik, sebagaimana yang diamanatkan UU No. 5/2011 tentang Akuntan Publik.

Dengan memiliki kualifikasi ini, seorang Akuntan Publik dapat memberikan jasa asurans, meliputi jasa audit atas informasi keuangan historis, jasa reviu atas informasi keuangan historis, dan jasa asurans lainnya.

Selain itu, Akuntan Publik juga dapat memberikan jasa berkaitan dengan akuntansi, keuangan, dan manajemen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

IAPI sangat mengapresiasi antusiasme dan semangat para peserta kompetisi, tercatat 38 tim dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengikuti kompetisi akuntansi dan audit.

Baca juga : Herzaky Jamin Politisi Muda Demokrat Berkualitas

Saat ini, ada 20 tim yang lolos babak penyisihan dan akan bertanding di babak semifinal dan final.

Sedangkan untuk kompetisi umum (menulis artikel, Reels, dan TikTok) diikuti sebanyak 53 peserta dan 32 paper yang disampaikan dalam kegiatan Call for Paper CPA Days 2023.

CPA Days 2023 menampilkan kompetisi baru yang tidak ada pada tahun sebelumnya, yaitu penyelenggaraan Call for Paper melalui portal IAPI Journal of Auditing and Accounting (IJAA).

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka mendorong dan mengembangkan profesi, keilmuan, dan riset yang berkaitan dengan profesi akuntan publik, akuntansi, dan auditing,” ujar Ketua Panitia CPA Days 2023, Deddy Adi Saputra.

Deddy menambahkan, melalui Komite Organisasi dan Hubungan Kelembagaan Riset dan Perguruan Tinggi, IAPI telah merilis portal ini, sebagai media publikasi hasil riset yang dilakukan oleh IAPI maupun riset yang bekerja sama dengan pihak eksternal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.