Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Tradisional

Relawan Gerakan Pemuda Dan Perempuan Gowa Dukung Ganjar Helat Pagelaran Seni

Minggu, 22 Oktober 2023 08:56 WIB
Relawan Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Dukung Ganjar menghelat pagelaran seni tradisional Bugis-Makassar bertajuk Nakku Ri Pangngadakkang itu sukses digelar di Desa Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/10/2023) malam. (Foto: Ist)
Relawan Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Dukung Ganjar menghelat pagelaran seni tradisional Bugis-Makassar bertajuk Nakku Ri Pangngadakkang itu sukses digelar di Desa Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/10/2023) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Dukung Ganjar berupaya merawat eksistensi budaya agar tetap lestari dengan menghelat pagelaran seni. 

Pagelaran seni tradisional Bugis-Makassar bertajuk "Nakku' Ri Pangngadakkang" itu sukses digelar di Desa Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/10/2023) malam. 

Korwil Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Daeng Bella menjelaskan nakku' ri pangngadakkang bermakna rindu akan kebudayaan. 

Baca juga : Dianggap Pemimpin Merakyat, Para Ketua Adat Papua Beri Dukungan Kepada Ganjar

"Jadi, kami pada saat ini mengangkat tema nakku ri pangngadakkang dimana dalam bahasa Makassar yang artinya bahwa ada kerinduan akan tradisi budaya yang hampir tergerus," ujar Daeng Bella. 

"Di mana kami mencoba untuk melestarikan kembali bahwa ada kerinduan terhadap seni tradisional yang sangat indah dan enak untuk dipentaskan," lanjut dia. 

Di bawah langit malam, pelbagai tarian tradisional Bugis-Makassar disuguhkan seperti tarian aru tubarania, tari padduppa, pakarena, pepe' pepeka ri makka, pakacaping, dan dimeriahkan penampilan rampak gendang. 

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Dusun Jombor

Seketika suasana keheningan malam di desa itu pun pecah dan berubah menjadi keramaian musik tradisional yang saling bersahutan. Kerlap kerlip lampu menghiasi setiap sudut area panggung yang dipenuhi oleh ratusan penonton. 

"Tujuannya adalah bagaimana kaum milenial lebih peduli terhadap tradisi. Lewat momentum ini juga kami mensosialisasikan Pak Ganjar dan Mahfud MD, sosok yang peduli kepada masyarakat menengah ke bawah dan kemudian sosok yang sangat peduli terhadap tradisi dan budaya lokal," ujar Daeng Bella. 

Menurut dia, pertunjukan seni tradisional yang digelar mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat. 

Baca juga : Goes To Pabrik, Relawan GBB Kenalkan Sosok Ganjar Kepada Buruh Dan Manajemen

Itu terlihat dari ramainya masyarakat yang hadir untuk menonton pagelaran seni dan berbondong-bondong datang jauh sebelum acara dimulai. 

"Pada saat ini juga ada maestro gendang Sulawesi Selatan yaitu Bapak Erang menunjukkan kebolehannya menempah gendang. Beliau adalah sosok maestro kami yang sudah keliling dunia memperkenalkan budaya Bugis-Makassar yaitu gendang," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.