Dark/Light Mode

Relawan Ganjar Creasi Beri Bekal Keterampilan Robotika Ke Milenial Probolinggo

Minggu, 22 Oktober 2023 10:22 WIB
Relawan Ganjar Creasi G-Creasi menggelar pelatihan robotika untuk milenial di Distrik Mini 4Wd, Jalan Kerapu Nomor 30, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur Jatim, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Ist)
Relawan Ganjar Creasi G-Creasi menggelar pelatihan robotika untuk milenial di Distrik Mini 4Wd, Jalan Kerapu Nomor 30, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur Jatim, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam relawan Ganjar Creasi (G-Creasi) menggelar pelatihan robotika untuk milenial.

Pelatihan tersebut diadakan di Distrik Mini 4Wd, Jalan Kerapu Nomor 30, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (21/10/2023).

“G-Creasi menggelar pelatihan robotika. Pasarnya adalah milenial dari komunitas kreatif se-Probolinggo seperti tamiya, gundam, dan drone,” kata Koordinator Daerah G-Creasi Probolinggo Gilang Agung Prabowo.

Dalam kesempatan itu para milenial dijelaskan tentang ilmu robotika, sejarah perkembangan robotika, hingga cara pembuatan robot mulai dari perencanaan desain, pemrograman, sampai pengujian.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Beri 20 Ribu Bibit Lele Ke Karang Taruna Di Sidoarjo

Mereka juga melihat langsung berbagai komponen robot dan pengoperasiannya. Kemudian melakukan troubleshooting ketika terdapat masalah pada robot tersebut.

Gilang mengatakan, pelatihan ini bertujuan menambah pengetahuan milenial, khususnya komunitas hobi terkait teknologi. Pasalnya keterampilan dan penguasaan ilmu robotika sangat dibutuhkan berbagai industri.

“Kita menangkap sebuah value dari Pak Ganjar yang diwakili oleh G-Creasi tentang visinya terhadap pemberdayaan milenial. Di sini kebetulan yang kami gandeng adalah komunitas yang berbau hobi,” kata Gilang.

Gilang berharap para milenial Indonesia terus meningkatkan kapasitasnya di berbagai bidang keilmuan.

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Bekali Ibu-Ibu Jaktim Skill Pembuatan Sabun Cuci Piring

Oleh sebab itu, kata Gilang, G-Creasi berkomitmen mengadakan lebih banyak kegiatan pelatihan dan pemberdayaan agar milenial memiliki semakin banyak bekal keterampilan di masa depan.

“Rencananya G-Creasi ke depan akan menggelar pelatihan berbau mekanikal yakni membuat produk dari mesin bubut untuk keperluan industri menengah ke bawah atau UMKM,” kata dia.

Salah satu peserta pelatihan robotika bernama Bima merasa bersyukur mengikuti kegiatan sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo ini karena dapat pengetahuan dan wawasan baru terkait robotika.

“Kalau yang tadi saya tangkap untuk ilmunya ini bahwa belajar robot ini menyenangkan tapi tidak sesimpel yang saya bayangkan,” katanya.

Baca juga : Massa Ganjar-Mahfud Siap Bergerak Ke KPU, Sekarang Menyemut Di Tugu Proklamasi

Setelah mengikuti pelatihan ini, Bima terdorong mengasah keterampilannya lewat sejumlah kompetisi robotika. Bima berharap ke depannya dia bersama rekan-rekan sesama milenial di Probolinggo bisa semakin maju dengan bekal ilmu itu.

“Ke depannya sih saya pengen ke praktek ya biar ilmunya tidak sia-sia. Kegiatan robotika ini juga ada eventnya, ada lombanya juga di kampus-kampus ternama di Indonesia,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.