Dark/Light Mode

Relawan Pena Mas Ganjar Gelar Sarasehan, Serap Langsung Aspirasi Petani Wonosobo

Senin, 23 Oktober 2023 06:28 WIB
Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari UNDIP, UNNES, dan UNS Pena Mas Ganjar mengadakan sarasehan bersama petani di Basecamp Ndoro Arum, Dusun Banaran, Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023). (Foto: Ist)
Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari UNDIP, UNNES, dan UNS Pena Mas Ganjar mengadakan sarasehan bersama petani di Basecamp Ndoro Arum, Dusun Banaran, Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (22/10/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari UNDIP, UNNES, dan UNS (Pena Mas) Ganjar mengadakan sarasehan bersama petani di Basecamp Ndoro Arum, Dusun Banaran, Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu, Pena Mas Ganjar duduk bareng bersama petani Banaran untuk mendengarkan permasalahan dan keluh kesah yang dihadapi petani di musim kemarau.

Koordinator Wilayah Pena Mas Ganjar Reza Abdurrakhman mengatakan, petani Banaran mengalami kesulitan pupuk yang membuat aktivitas pertanian terhambat.

Reza memaparkan, pada masa kepemimpinan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah program Kartu Tani menjadi salah satu prioritas untuk mengentaskan kemiskinan, di mana pupuk menjadi salah satu manfaat yang wajib diterima petani. 

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Salurkan Air Bersih Bagi Warga Jabar

Namun dalam pendistribusiannya, pupuk sulit disalurkan lantaran kendala daerah yang menjadi prioritas dan jumlah distribusinya yang kurang merata dari pemerintah pusat.

"Jelas permasalahan petani itu selalu pupuk ya jadi masyarakat juga menyampaikan terkait kelangkaan pupuk, pendistribusiannya pupuk bersubsidi melalui Kartu Tani. Kita menyosialisasikan kita buka data bahwa selama Pak Ganjar 10 tahun menjabat Gubernur Jawa Tengah itu memprioritaskan petani melalui Kartu Tani," ujar Reza di lokasi, Minggu (22/10/2023).

Reza menambahkan, aspirasi petani terkait pupuk juga telah dilaksanakan dengan optimal oleh Ganjar ketika menjadi gubernur dengan dorongan program ketahanan pangan.

Hal itu disampaikan agar petani mendapat pencerahan terkait kendala kelangkaan pupuk yang terjadi beberapa waktu terakhir, bukan hanya di Jawa Tengah saja tetapi juga di banyak daerah di Indonesia.

Baca juga : Relawan Sintawati Gelar Senam Sehat Dan Tebus Murah Sembako Di Jakpus

Oleh sebab itu, Pena Mas menyosialisasikan visi misi dan program Ganjar Pranowo agar kemajuan yang telah dibuktikan di Jawa Tengah bisa menjadi program nasional yang dapat menyejahterakan petani secara merata.

"Jadi kita menampung aspirasi tadi, kita memastikan setelah kegiatan kita membuat rilis kajian dan kita sampaikan ke Pak Ganjar Pranowo untuk pada saat jadi presiden bisa memprioritaskan," jelas Reza.

"Kita memastikan bahwa warga itu tahu Pak Ganjar Pranowo punya program inisiatif khusus pertanian, sehingga ketahanan pangan yang diperjuangkan Pak Ganjar penting karena rujukannya buat masyarakat, khususnya petani," lanjutnya.

Kepala Dusun Banaran Nurcholis, menegaskan persoalan petani Banaran selama musim kemarau. Mereka tidak hanya terkendala pupuk saja, tetapi juga air bersih yang sulit didapatkan para petani.

Baca juga : Relawan Kajol Dukung Ganjar Gelar Pelatihan UMKM Untuk Driver Di Rangkasbitung 

"Masalah air bersih untuk musim kemarau seperti ini, ini sudah 3 bulan warga kami sangat kekurangan air," ungkap Nurcholis.

Dia selaku perwakilan warga Dusun Banaran pun menyampaikan harapannya kepada Ganjar Pranowo ketika kelak terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029.

Menurut Nurcholis, kinerja baik yang ditunjukkan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode dirasakan warga Banaran. Sehingga dia meyakini Ganjar dapat mengatasi permasalahan pertanian yang ada.

"Harapan kami kepada Pak Ganjar mudah-mudahan bisa memenangkan Pilpres 2024 sehingga beliau bisa membantu kami dan mengusahakan sumber air yang dimanfaatkan bagi warga. Beliau sangat baik dalam memimpin Jawa Tengah. Kami warga dusun Banaran ikut merasakan," tutur Nurcholis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.