Dark/Light Mode

KKI 2023, Nadiem: Momentum Rembuk Arah Pembangunan Kebudayaan

Senin, 23 Oktober 2023 13:03 WIB
pembangunan peradaban bangsa, kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (IST)
pembangunan peradaban bangsa, kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (IST)

 Sebelumnya 
Disebutkan Menteri Nadiem, KKI 2023 merupakan tonggak sejarah baru dalam perjalanan bangsa Indonesia ke depannya.

Nadiem berharap 50 ruang dialog yang tersedia sepanjang agenda ini akan mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh pihak terlibat. 

"Bersama-sama kita bisa menghasilkan rekomendasi bagi penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemajuan Kebudayaan 2024-2029 yang lebih operasional, terukur, berdampak nyata bagi masyarakat, serta selaras dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan," jelasnya. 

Baca juga : Kemenperin Kebut Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

Misi lain yang tidak kalah penting pada penyelenggaraan KKI 2023 adalah mulai dibukanya percakapan publik mengenai transformasi Taman Budaya yang ada di seluruh daerah di Indonesia, serta dibukanya dialog mengenai Dana Abadi Kebudayaan Daerah. 

Dua instrumen ini akan menjadi kunci untuk memajukan kebudayaan yang berakar kuat di daerah, merawat inklusivitas dan keberagaman yang ada, serta mendorong inovasi dan kreativitas di seluruh penjuru Indonesia.

Pada pembukaan KKI 2023, diluncurkan juga buku Kebudayaan dalam Perbandingan: Analisis Komparatif atas IPK dan Enam Indeks Terkait, sebuah buku yang membuktikan bahwa investasi di bidang kebudayaan akan menghasilkan Social Return on Investment (SRoI) dan Cultural Return on Investment (CRoI) berupa peningkatan kerukunan antar umat beragama dan kebebasan sipil.

Baca juga : Jokowi Pamer Pembangunan Konektivitas Di Dalam Negeri

"Dengan adanya arah pembangunan kebudayaan Indonesia yang lebih strategis dan kolaboratif, kita berhasil meningkatkan angka Indeks Pemajuan Kebudayaan secara signifikan, dari 51,90 pada tahun 2021 menjadi 55,13 pada tahun 2022. Selain itu, hasil studi Indeks Pemajuan Kebudayaan Nasional juga menunjukkan dampak positif dari kerja-kerja kebudayaan terhadap berbagai sektor kehidupan," terang Mendikbudristek.

Turut hadir membuka KKI 2023 adalah Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih yang mendukung Kongres Kebudayaan Indonesia.

"Semoga Kongres ini akan terus berlanjut sampai masa yang akan datang," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.