Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Jokowi Reshuffle Kabinet

Amran, AHY Dikabarkan Jadi Menteri

Rabu, 25 Oktober 2023 08:23 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sedang memetik apel merah di Malang. (Foto: Instagram AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sedang memetik apel merah di Malang. (Foto: Instagram AHY)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tak ada aral melintang, hari ini, Rabu (25/10/2023), Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik Menteri Pertanian (Mentan) baru pengganti Syahrul Yasin Limpo. Selain Mentan, Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Staf TNI Angakat Darat (KSAD) pengganti Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun.

Di tengah isu pelantikan pejabat baru itu, seharian kemarin, desas-desus nama calon menteri bertebaran. Ada dua nama yang disebut-sebut, yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dan Amran Sulaeman, mantan Mentan sebelumnya.

Kabar ada reshuffle ini dikonfirmasi langsung oleh Jokowi. "Mungkin minggu ini," katanya, saat ditanya wartawan, usai acara BNI Investor Daily Summit 2023, di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Jokowi menerangkan, dalam reshuffle ini, hanya jabatan Mentan yang akan diisi. Mengenai sosok Mentan yang akan dilantik, Jokowi masih main rahasia. Namun, saat wartawan menyebut nama AHY, Jokowi mengangguk.

Wartawan kemudian bertanya mengenai pertemuan Jokowi dengan AHY sebelumnya. "Ya biasa, pertemuan silaturahmi, bicara hal-hal yang biasa," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca juga : Cinta Laura, Tolak Tawaran Jadi Menteri

Setelah pernyataan Jokowi ini, nama AHY langsung ramai dibicarakan. Di tengah isu ini, entah sebuah kode atau memang kebetulan, AHY tiba-tiba bicara soal pertanian sambil memamerkan foto sedang memetik apel Malang merah, di akun Instagram @agusyudhono, Selasa (24/10/2023). Total ada 10 foto dan video dalam unggahan itu.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita. Salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel Malang!" tulis AHY, memberikan keterangan dalam unggahannya itu.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengaku sedang memetik apel dari pohonnya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, AHY menyebut pertanian merupakan sektor penting yang perlu dibantu dan didorong untuk bangkit dan maju.

"@pdemokrat akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan. Di sini ada yang suka Apel Malang? Cerita di kolom komentar ya," tutur AHY.

Di kesempatan berbeda, AHY juga memanggil jajaran pengurus DPP dan Ketua DPD Partai Demokrat, Selasa (24/10/2023). Rapat ini seakan mengamini kabar bahwa Demokrat merapat ke kabinet, dan AHY menjadi Mentan.

Baca juga : Jokowi Belum Tentu Restui Gibran Cawapres

Benarkah hal tersebut? Juru Bicara DPP Partai Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan, pertemuan itu membahas soal rencana pendaftaran Capres-Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Herzaky menyebut, pihaknya juga membahas strategi terkait dengan pemenangan Pileg dan meningkatkan perolehan kursi di DPR. "Kami ingin sejalan. Jadi, ini semua terjadi dan kemudian kami tahu memang ada berbagai dinamika mungkin bagi publik, tetapi kalau bagi kami jelas begitu garisnya," katanya, di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Saat ditanya mengenai kabar AHY akan masuk kabinet, Herzaky menjawab normatif. Menurutnya, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden sesuai wewenang dan kebutuhannya. "Nggak pantas kalau kami Demokrat kemudian, misalnya, oh ini reshuffle, iya kami siap atau apa. Nggak begitu," ucapnya.

Selain melakukan reshuffle, Jokowi juga dikabarkan akan melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan pensiun. "Kabarnya demikian. Kita tunggu ya," ungkap Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Kabar AHY akan menjadi Mentan ini ramai dibicarakan warganet. Ada yang mendukung, ada juga yang meledek.

Baca juga : Bertemu KH Said Aqil Siroj, Ganjar Didoakan Jadi Presiden

Yang mendukung salah satunya akun @reiyncressient. “Welcome AHY new Mentan,” tulisnya.

“AHY jika menerima jatah menteri sebagai Mentan ini akan menambah CV pribadi AHY, meskipun hanya 1 tahun,” timpal @TheArieAir.

Ada juga yang meledek. "Jadi Mentan di saat el nino musim kemarau yang panjang, banyak daerah gagal panen, harga beras sangat mahal, swasembada pangan gagal total, mana lagi pupuk subsidi langka. Apa dia nggak tahu kalau itu jebakan betmen?" tulis @prestaekuceng.

Sementara itu, menguatnya Amran sebagai calon Mentan karena pertengahan bulan lalu, Amran dipanggil Jokowi ke Istana Presiden. Meski tidak disebutkan pemanggilan itu, untuk membahas kursi menteri.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Rabu (25/10), dengan judul “Jokowi Reshuffle Kabinet: Amran, AHY Dikabarkan Jadi Menteri”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.