Dark/Light Mode

Jokowi Ingatkan Wartawan, Bikin Berita Jangan Yang Penting Viral

Senin, 25 September 2023 15:09 WIB
Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia PWI di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/9/2023). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia PWI di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/9/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengingatkan PWI sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia memiliki peran besar untuk menjaga profesionalisme pers, mengawal rakyat agar mendapat pemberitaan yang benar, otentik, berkualitas, dan berimbang. Tanpa ada tarik menarik untuk kepentingan apa pun.

Baca juga : Jokowi Targetkan Penanganan IJD Selesai Dibangun Akhir 2023

“Mestinya, berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, yang sensasional. Karena itu justru memicu penyebaran hoax. Dari laporan Menkominfo yang saya dapat, saat ini ada 11 ribu yang bertebaran,” kata Jokowi, saat peresmian pembukaan Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca juga : Masyarakat Cari Berita Yang Pasti Dan Akurat

Jokowi juga meminta seluruh wartawan Indonesia, untuk teguh memegang Kode Etik Jurnalistik sebagai landasan dalam bekerja.

Baca juga : Parpol Tolak Berita Hoaks: Jangan Sampai Pemimpin Kita Dicitrakan Buruk

“Inilah nilai plus media dan pers. Inilah kelebihan media dan pers, dibanding citizen journalism. Sekali lagi, jangan terpancing bersaing karena viral, hoax, atau yang penting viral. Hal-hal seperti itu harus kita hindari,” tegas Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.