Dark/Light Mode

Relawan Srikandi Ganjar Gelar Latihan Variasi Jurus Pencak Silat Bareng Milenial

Rabu, 25 Oktober 2023 14:08 WIB
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan kegiatan Latihan Variasi Gerakan Silat bersama PSC Lampung Utara di Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, Rab (25/10/2023). (Foto: Ist)
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan kegiatan Latihan Variasi Gerakan Silat bersama PSC Lampung Utara di Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, Rab (25/10/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menguasai seni beladiri tidak hanya untuk kaum laki-laki, tetapi perempuan pun bisa ikut memperlajarinya. Dengan begitu mereka bisa melindungi diri sendiri ketika diserang oleh orang lain.

Melihat hal itu, relawan Srikandi Ganjar mengadakan kegiatan Latihan Variasi Gerakan Silat bersama PSC Lampung Utara di Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Latihan pencak silat itu sekaligus sebagai ajang memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai capres-cawapres 2024 kepada para peserta yang hadir.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Buat Perempuan

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Lampung Diana Ali mengatakan latihan tersebut sebagai upaya melestarikan beladiri Indonesia yaitu silat. 

Sebab, latihan tersebut sangat bermanfaat bagi para peserta karena bekal perlindungan diri dari hal-hal yang merugikan.

"Kami mengadakan latihan gerakan silat ini agar mereka bisa menjaga diri dari bahaya saat di jalan. Karena saya melihat kejahatan bisa terjadi di mana saja," kata dia dalam siaran persnya, Rabu (25/10/2023).

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Gelar Sarasehan, Serap Langsung Aspirasi Petani Wonosobo

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan inisiatif dari sukarelawan Srikandi Ganjar karena peduli dengan masyarakat, khususnya perempuan yang harus diberikan bekal ilmu beladiri. 

Dia menjelaskan salah satu jenis pencak silat di Lampung Utara yang banyak diikuti oleh milenial adalah perguruan Tapak Suci. Itu termasuk dalam 10 Perguruan Historis Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. 

Menurut dia latihan itu untuk mendidik dan membina para pesilat agar memiliki keterampilan pencak silat, memelihara kemurnian pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia.

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Salurkan Air Bersih Bagi Warga Jabar

"Saat ini pentingnya kemampuan beladiri bagi seorang perempuan," ungkap dia.

Diana Ali menambahkan pelatihan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat sekitar. Sebab, banyak peserta dari kalangan milenial mengikuti latihan tersebut. Para peserta diajarkan teknik-tekni yang baik selama latihan.

"Para peserta cukup antusias mengikuti latihan ini. Mereka semua diajarkan teknik dasar pencak silat," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.