Dark/Light Mode

Cucunya Tak Tahu Kakeknya Menteri

Mahfud: Anak-Anak Saya Tak Pernah Manfaatkan Nama Bapaknya

Rabu, 25 Oktober 2023 15:53 WIB
Mahfud MD, pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)
Mahfud MD, pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bacawapres Mahfud MD blak-blakan soal caranya mendidik anak. Lewat akun Instagramnya, Mahfud mengaku membiasakan anaknya untuk berusaha sendiri, sejak kecil. Tanpa pernah memanfaatkan nama orang tua. Cucu Mahfud, bahkan tak tahu kakeknya menteri. 

"Sejak sekolah, anak-anak saya mencari beasiswa sendiri. Tidak menggunakan nama saya. Orang malah tidak tahu, kalau dia anak saya. Dia cari sendiri, dapat sendiri, dengan prestasinya sendiri," tulis pria kelahiran Kabupaten Sampang, Madura 13 Mei 1957 dalam caption Instagram-nya, Rabu (26/10/2023).

Dari pernikahannya dengan Zaizatun Nihayati pada tahun 1982, Mahfud dikaruniai tiga anak: Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar.

Baca juga : Menteri ESDM Dan PLN Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

Mohammad Ikhwan Zein, yang lahir pada 15 Maret 1984 adalah seorang Spesialis Kedokteran Olahraga. Gelar Sarjana Kedokteran, didapat Ikhwan Zein dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sedangkan gelar spesialisnya, dari Universitas Indonesia (UI). Tak cukup sampai di situ, Ikhwan Zein juga mendapatkan gelar Doktor dari University of Amsterdam.

Ikhwan Zein menikah dengan Ukhti Jamil Ristiandi yang juga seorang dokter, dan memiliki satu anak.

Vina Amalia, anak kedua Mahfud, mengikuti jejak kakaknya menjadi dokter. Vina yang lahir pada 15 Juli 1989, adalah seorang dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya, yang kini tinggal di Probolinggo, Jawa Timur. Dia sudah menikah dan memiliki dua anak, bernama Majda dan Hana.

Baca juga : Tidak Ada Kejutan Di Puncak Peringatan Hari Bung Karno

Sementara putra bungsu Mahfud, Royhan Akbar yang lahir pada 8 Februari 1991, memilih mengikuti jejak ayahnya, berkarier di bidang hukum. Royhan adalah lulusan Fakultas Hukum UGM tahun 2013, dan melanjutkan S2 Hukum Bisnis Internasional di Colombia University, Amerika Serikat. Saat ini, Royhan berprofesi sebagai dosen Fakultas Hukum UGM.

Tak tahu Kakeknya Menteri

Medio Februari 2023, Mahfud membagikan kisah lucu tentang cucunya, Majda, yang ternyata tak tahu kalau kakeknya adalah seorang menteri. 

Mahfud yang kala itu singgah ke Probolinggo usai menghadiri pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Jember, Prof. Bayu Dwi Anggono, rupanya sudah dinanti warga setempat yang berbaris dan berkerumun di jalan. Mereka hendak menyambut kedatangan seorang menteri.

Baca juga : Peringati Hardiknas 2023, Mas Menteri Ajak Masyarakat Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Di antara kerumunan itu, terdapat Majda yang akrab disapa Ada'. Makanya, begitu turun dari mobil, Mahfud langsung menggandeng tangan Majda dan mengajaknya pulang.

Tapi, Majda tak mau diajak pulang. Majda bilang, dia mau nonton Pak Menteri yang datang. 

"Eh rupanya dia tak tahu, bahwa kakeknya lah menteri yang datang ke desa itu. Maklum, masih berumur 6 tahun," ketik Mahfud sambil menyertakan tiga emoticon tertawa geli, dalam caption Instagramnya, 18 Februari 2023. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.