Dark/Light Mode

Fasilitasi Warga Kumpul, Main Futsal Dan Voli

Relawan Petani Tebu Ganjar Bangun Lapangan Serbaguna Di Ciamis

Kamis, 26 Oktober 2023 16:16 WIB
Petani Tebu Bersatu Petebu dukung Ganjar Pranowo membuat sebuah lapangan serbaguna yang akan menjadi pusat kegiatan olahraga dan sosial masyarakat di RW 01 Yudanagara, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Petani Tebu Bersatu Petebu dukung Ganjar Pranowo membuat sebuah lapangan serbaguna yang akan menjadi pusat kegiatan olahraga dan sosial masyarakat di RW 01 Yudanagara, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani Tebu Bersatu (Petebu) dukung Ganjar Pranowo membuat sebuah lapangan serbaguna yang akan menjadi pusat kegiatan olahraga dan sosial masyarakat di RW 01 Yudanagara, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Lapangan ini akan digunakan untuk bermain futsal, voli, lari, badminton, serta sebagai tempat berkumpul untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk musyawarah dan acara peringatan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Koordinator Wilayah Petebu dukung Ganjar, Mohamad Ridwan menyatakan lapangan serbaguna ini merupakan respons terhadap kebutuhan langsung yang diungkapkan oleh warga setempat. Selain menjadi arena olahraga, lapangan ini juga akan menjadi tempat untuk berbagai kegiatan sosial yang memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

"Kami memfasilitasi pembuatan lapangan sarana olahraga. Lapangan olahraga bisa dipakai bisa untuk voli, badminton, lari. Lalu sarana untuk berkumpul, berkomunikasi dan bersosialisasi untuk masyarakat," kata Ridwan di lokasi, Kamis (26/10/2023). 

Ridwan menyatakan pihaknya mendukung kegiatan sosial yang membawa bermanfaat langsung kepada masyakarat, termasuk mendukung terciptanya atlet muda berbakat dari Ciamis, melalui pembinaan hingga pembuatan sarana prasana olahraganya. 

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Dusun Jombor

"Untuk meningkatkan futsal, voli, supaya anak muda ini berkumpul dengan kegiatan bermanfaat. Petebu dukung Ganjar sangat mendukung sekali, khususnya kegiatan sosial yang bersifat ada manfaatnya untuk masyarakat," ujarnya. 

Ridwan menjelaskan bahwa tahap awal pembangunan lapangan olahraga ini melibatkan persiapan lapangan, pengukuran struktur, dan sarana olahraga. Tahap konstruksi lapangan akan dimulai dengan pengecoran hingga terbentuk lapangan olahraga.

"Kita melibatkan masyarakat untuk gotong royong dalam pembangunan ini, ada dapur rakyat yang dikelola masyarakat, setelah itu kita makan bersama-sama," jelasnya.

Ketua RW 01 Yudanagara, Maman Suryaman mengucapkan terima kasih atas pembangunan lapangan olahraga serbaguna ini dan menyatakan bahwa fasilitas ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Nanti disamping fungsi olahraga juga jadi area publik. Kami disini bisa berkumpul untuk acara seperti keagamaan. Dengan adanya tempat ini, kami tidak bingung cati tempat lain, tempat ini akan dimanfaatkan oleh warga," katanya. 

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Kenalkan Pelleng Sebagai Inovasi Wirausaha Warga

Ketua Karang Taruna Unit RW 01 Yudanagara, Aji Fauzi juga menyambut baik pembangunan lapangan ini. Ia berharap bahwa lapangan ini akan menjadi wadah untuk membantu para pemuda mengembangkan minat dan bakat mereka dalam olahraga, dengan harapan mereka dapat berprestasi di tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

"Banyak sekali orang-orang yang berpotensi, terutama dari keolahragaan, dan beberapa program lagi. Mudah-mudahan dengan adanya sarana ini, kita bisa lebih memaksimalkan potensi-potensi pemuda-pemudi," tuturnya. 

Dimensi lapangan olahraga serbaguna ini melebihi 20 meter panjang dan lebih dari 9 meter lebar. Pekerjaan konstruksi diharapkan selesai dalam waktu sekitar satu bulan, dengan rencana untuk mengembangkan lokasi ini lebih lanjut untuk mencakup fasilitas indoor.

Dalam acara itu dilakukan prosesi simbolis pembangunan lapangan olahraga serbaguna dengan meletakan semen dan pasir diatas lapangan. Turut hadir Sekjen DPP Petebu dukung Ganjar,  Amrozi Amenan dan Bendum DPP Petebu, Ali Imran, serta tokoh masyarakat lainnya. 

Renovasi Jalan Menuju Masjid Lokal

Baca juga : Direvitalisasi Relawan Ganjar, 108 KK Di Jaktim Kini Punya Bangunan Serbaguna Layak Pakai

Selain penciptaan arena olahraga serbaguna, Petebu Ganjar jug akan merenovasi jalan akses menuju Masjid Darur Rofi di Dusun Limus, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Proyek renovasi ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas bagi jamaah dengan mengatasi kondisi jalan yang kurang baik.

"Renovasi jalan menuju ke masjid, karena jalannya sudah agak rusak, kita renovasi. Memfasilitasi fasilitas umum, supaya orang-orang yang mau beribadah itu bisa lebih mudah mengakses ke Masjid," ungkap Ridwan. 

Selain itu, Ridwan mengemukakan pihaknya juga akan menambah fasilitas tempat wudhu di Masjid Al Muawanah, Dusun Jetak, Desa Sindang Sari Kecamatan Cikoneng, Ciamis. 

Petebu dukung Ganjar berkomitmen memberikan bantuan dan menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi sosial kemasyarakatan Petebu dukung Ganjar ini dilakukan melalui program Petebu Peduli, yang menekankan dedikasi mereka pada kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.