Dark/Light Mode

Gelar Simposium Nasional

Persatuan Aliansi BEM Nusantara Bawa Semangat Reformasi Dan Arah Gerakan Mahasiswa

Rabu, 1 November 2023 17:16 WIB
Universitas Subang yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat menjadi tuan rumah bagi gelaran acara Simposium Nasional Persatuan Aliansi BEM Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara yang dilaksanakan sejak 24 hingga 26 Oktober 2023. (Foto: Ist)
Universitas Subang yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat menjadi tuan rumah bagi gelaran acara Simposium Nasional Persatuan Aliansi BEM Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara yang dilaksanakan sejak 24 hingga 26 Oktober 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Subang yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat menjadi tuan rumah bagi gelaran acara Simposium Nasional Persatuan Aliansi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Nusantara yang dilaksanakan sejak 24 hingga 26 Oktober 2023.

Dihadiri perwakilan 122 Kampus dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, kegiatan simposium ini bertujuan untuk mewujudkan persatuan aliansi BEM nusantara.

Koordinator Daerah BEM Nusantara Jawa Barat, Aris Gunawan mengatakan mahasiswa yang mengikuti simposium tersebut diharapkan dapat menghadirkan gagasan dan langkah baru dalam perjuangan gerakan mahasiswa.

"Dapat menghadirkan langkah baru yang mampu mengembalikan semangat reformasi sebagai landasan ide dan arah gerak ke depan, beserta nilai demokrasi di dalamnya melalui ragam bentuk perjuangan yang nyata," ujarnya dalam keterangan tertulis. 

Baca juga : Gelar Temu Daerah, BEM Nusantara DKI Suarakan Keadilan Hukum dan Sosial

Selama kegiatan berlangsung, beragam pendapat dan gagasan disampaikan para peserta. Berbagai narasi optimis  pergerakan mahasiswa juga dilontarkan dengan tujuan mengembalikan marwah perjuangan gerakan mahasiswa.

Simposium ini, kata Aris juga merupakan langkah konkret untuk menyatukan faksi-faksi gerakan mahasiswa yang terpecah menjadi dua kubu sejak temu nasional di Surabaya pada 2021 lalu.

"Agenda ini juga membawa semangat untuk melahirkan beragam gagasan baru yang dilandasi dengan narasi dan substansi yang kuat agar senantiasa menjadi sesuatu yang konkret untuk menjawab berbagai tantangan yang akan datang," ucapnya. 

Menurut Aris, marwah gerakan mahasiswa saat ini kian melemah dan menurun pamornya, karena dianggap tidak substantif dan cenderung tidak lagi relevan bagi masyarakat. 

Baca juga : BI DKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Yang Inklusif Dan Berkelanjutan

"Rasa persatuan dan kesatuan merupakan basis nilai dalam bentuk jalinan kasih dan soliditas yang harus terus dirajut demi mengembalikan aliansi kepada jalan perjuangan sejati dan demi menyongsong masa depan aliansi BEM Nusantara itu sendiri," jelasnya. 

Pada simposium ini juga lahir nilai utama dari reformasi dengan tajuk 'Bangkitkan Semangat Reformasi, Untuk Jaga Demokrasi'.  Aris menyebut, Di dalam semangat reformasi, terkandung beragam upaya untuk menggapai cita- cita luhur yakni mewujudkan Indonesia yang adil dan demokratis. 

Lanjut Aris, lahirnya semangat tersebut merupakan momentum strategis untuk kembali membangkitkan gairah serta api semangat gerakan mahasiswa di tingkat daerah maupun nasional.

Untuk diketahui, ratusan mahasiswa dalam simposium ini juga  menyatakan sejumlah sikap dan desakan agar aliansi BEM Nusantara segera bersatu serta menyatakan pula keberpihakan kepada segenap kepentingan rakyat Indonesia. 

Baca juga : Andika Perkasa Emban Tugas Analisa Dan Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud

"Mendorong dan mendesak aliansi BEM Nusantara agar segera bersatu dan mewujudkan persatuan melalui langkah yang nyata dan pelibatan anggota aliansi secara utuh dan menyeluruh," tegasnya. 

Mereka juga mendorong agar BEM Nusantara selanjutnya mengadakan agenda temu nasional l dengan tajuk persatuan dan memastikan hanya ada 1 pimpinan aliansi. 

"Siap berkomitmen untuk menjadi inisiator, katalisator dan agitator gerakan mahasiswa dengan semangat baru yang mengedepankan corak gerakan politik-nilai yang padat akan ide dan gagasan serta menjadikan semangat Reformasi sebagai basis gerakan," tegasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.