Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Prabowo-Gibran Makin Unggul Di Pulau Jawa

Jumat, 3 November 2023 14:24 WIB
Capres-Cawapres Prabowo-Gibran saat mendaftar ke KPU. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres Prabowo-Gibran saat mendaftar ke KPU. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang yang semakin kuat untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini tidak lepas dari dukungan dari berbagai kalangan di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

Menurut hasil survei terbaru Polling Institute menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dinilai berhasil mempertahankan loyalitas pemilih di Jawa Barat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal tersebut yang membuat Menteri Pertahanan ini terus unggul dalam berbagai hasil survei di Jawa Barat.

"Prabowo masih sangat dominan di Jabar karena sejauh ini tetap berhasil mempertahankan basis lama pendukungnya dalam dua Pilpres terakhir," ujar Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam keterangan tertulis, Kamis (02/11/2023).

Kuatnya Prabowo di Jawa Barat dapat terlihat dari survei berbagai lembaga. Dalam temuan terbaru Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023 merekam elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,3 persen, disusul pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sebanyak 27,9 persen dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23,7 persen.

Hasil serupa juga diperlihatkan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) yang menemukan elektabilitas Prabowo-Gibran mendapat elektabilitas sebesar 50,7 persen. Raihan itu mengungguli Anies-Muhaimin dengan 26,8 persen dan Ganjar-Mahfud sebesar 19,7 persen.

Baca juga : ReJO Siap Menangkan Prabowo-Gibran Di Pilpres

"Survei di Jawa Barat Prabowo masih unggul, dominan," kata Kennedy.

Kemudian, dukungan untuk capres dan cawapres Prabowo-Gibran di Jawa Tengah juga turut mengalami kenaikan. Ini tidak terlepas karena masyarakat Jawa Tengah makin masif mengalihkan dukungan dari Ganjar-Mahfud ke Prabowo-Gibran.

"Di Jawa Tengah, dukungan untuk Ganjar turun dari 49 persen ke 42,8 persen. Sebaliknya, ada kenaikan dukungan untuk Prabowo dari 27 persen menjadi 33 persen," jelas Kennedy.

Kata Kennedy, naiknya dukungan untuk Prabowo-Gibran di Jawa Tengah karena ada andil dari Presiden Jokowi. Kondisi tersebut, terus didukung dengan semakin masifnya dukungan terhadap Prabowo-Gibran dari berbagai elemen masyarakat.

Terbaru, Nelayan di Jawa Tengah turut mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Mereka akan mendukung Prabowo-Gibran menang pada Pilpres 2024.

"Kami nelayan Jawa Tengah mendukung capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka meneruskan kepemimpinan dan dan kinerja Presiden Jokowi-Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk periode 2024-2029," kata Ketua Koordinator Nelayan Jawa Tengah, Choirul Huda, Rabu (1/11/2023).

Baca juga : Agus Optimis Prabowo-Gibran Akan Menang Pilpres 1 Putaran

Dalam acara yang bertajuk Nelayan Jawa Tengah Dukung Prabowo-Gibran itu terlihat ratusan nelayan mengenakan kaus berwarna putih bertuliskan Wayahe Prabowo-Gibran, Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Mereka juga membentangkan tulisan dukungan untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam acara yang digelar di Jepara, Jawa Tengah, pada Selasa (31/10/2023)

"Kami nelayan Jawa Tengah melihat Prabowo-Gibran mampu meneruskan keberlanjutan program Bapak Presiden Jokowi, dari asuransi nelayan, pemberdayaan hasil bahari, hingga jaminan kepastian BBM demi kesejahteraan dan kemakmuran nelayan Jawa Tengah," ucapnya.

Sejalan dengan hasil survei di atas, Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur atas dua kontestan lainnya karena “Jokowi Effect”.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut pada hasil survei terbaru elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1 persen. “Elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur,” ungkap Baihaki dalam keterangannya, Kamis (02/11/2023).

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden di Jawa Timur Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9 persen, sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,2 persen.

Baca juga : Survei LSJ, Prabowo-Gibran Unggul 12,7 Persen Atas Ganjar-Mahfud

Kemenangan elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur berdasarkan hasil survei pada periode 22-27 Oktober 2023. Survei mengikutsertakan sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jawa timur.

Selain itu, dukungan dari masyarakat Jawa Timur terus mengalir kepada capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Seperti dari Relawan Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo yang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran. Adapun dukungan tersebut diberikan untuk mewujudkan kemenangan kepada pasangan tersebut di Pilpres 2024.

Penasehat KIP-Prabowo Fandi Utomo mengatakan dengan menyuguhkan atraksi Reog, ratusan warga perwakilan 21 kecamatan di Ponorogo menguatkan solidaritas dan semangat untuk bergerak mengajak masyarakat Ponorogo percaya dan memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024.

"KIP-Prabowo bentuk partisipasi aktif masyarakat sipil Indonesia, kepada proses demokrasi dan pemilu dalam menentukan pemimpin negeri ini," tutur Fandi kepada media, Kamis (2/11/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.