Dark/Light Mode

Lomba Kartun dan Komik Kereta Cepat Whoosh Dibuka, Hadiahnya Menggiurkan

Selasa, 7 November 2023 19:27 WIB
Flyer kompetisi pembuatan kartun dan komik Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Gambar: Istimewa)
Flyer kompetisi pembuatan kartun dan komik Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Gambar: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompetisi pembuatan kartun dan komik Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi diluncurkan, di Jakarta sejak 3 November 2023. Kompetisi ini disponsori bersama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Indonesian Cartoonist Federation, International Daily News, China Chamber of Commerce di Indonesia, Power China, dan China Railway Engineering Corporation.

Lomba ini diselenggarakan menyusul beroperasinya kereta api Whoosh. Kereta peluru buatan China ini dibangun untuk membawa lebih dari 600 orang dari Bandung dan ke Jakarta hanya dalam waktu 45 menit, dan merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road China.

Pada 17 Oktober, Kereta Cepat Whoosh resmi dibuka untuk dioperasikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping. Bertepatan dengan datangnya momen bersejarah tersebut, sejumlah unit bekerja sama menyelenggarakan kompetisi komik bertema Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga : Viral Kabar Plafon Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor, KCIC Bilang Begini

"Acara ini terbuka untuk kartunis dan penulis dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara. Sesuai dengan persyaratan kegiatan, hasil karya yang akan dilombakan harus merupakan karya original pribadi dengan hak kekayaan intelektual yang tidak dapat disangkal, konten yang sehat, tema yang khas, gagasan baru, dan gagasan positif," ucap Tommy Thomdean, Member of Pakarti and Chief of Editor Carma-Cartoon Magazine, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (7/11).

Syaratnya, tidak boleh ada iklan komersial yang muncul di layar. Bentuknya termasuk namun tidak terbatas pada komik gambar tangan, komik digital, dan flat komik lainnya, yang dapat berupa komik bingkai tunggal, komik empat bingkai, atau cerita buku bergambar.

Spesifikasi ukurannya adalah ukuran kertas A4 atau A3, gambar harus lengkap, lebar penuh, dan jelas, tidak ada batasan banner atau format vertikal, tidak ada batasan warna atau hitam putih. Komik digital harus dalam format JPG, dan ukuran file harus lebih besar dari 500KB.

Baca juga : Sambut HUT ke 54, Sharp Hadirkan Fiestapora Dengan Total Hadiah Miliaran Rupiah

Setiap kontestan dibatasi pada dua karya (hanya satu yang dapat memenangkan hadiah), dan judul dapat dalam bahasa Indonesia, Mandarin, atau Inggris. Hasil karya peserta dikirim melalui email dengan "judul karya + nama penulis", bersama dengan informasi pribadi kontestan, dan dikirim ke alamat email yang ditunjuk: [email protected].

Informasi pribadi kontestan meliputi: nama, jenis kelamin, nomor ID atau nomor paspor, kota atau unit, nomor email, nomor telepon. Batas waktu pengiriman adalah 7 Desember 2023.

Tiga kartunis ternama Indonesia bakal menjadi panel juri. Mereka adalah: Toni Masdiono, kartunis senior legendaris yang kini tinggal di Kota Bandung; Beng Rahadian, kartunis senior, Dosen dan Penanggung jawab Program Pendidikan Desain Komunikasi Visual Institut Kesenian Jakarta; dan Thomdean, kartunis senior, kartunis Kompas.com & Kontan.co.id, peraih Penghargaan PWI Adinegoro Tahun 2022.

Baca juga : Loyalis dan Ketua Seknas Jokowi Dukung Ganjar-Mahfud

Penghargaan kompetisi Kategori Kartun Peringkat 1 bakal mendapat uang tunai senilai Rp 15.000.000; Peringkat 2 Rp 7.500.000; Peringkat 3 Rp 2.500.000. Kemudian, 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang Rp 1.000.000.

Untuk Kategori Komik, pemenang Peringkat 1 mendapat uang tunai sebesar Rp 25.000.000, Peringkat 2 Rp 15.000.000; dan Peringkat 3 Rp 5.000.000. Untuk 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang mendapat Rp 2.000.000.

Pihak penyelenggara juga akan menggelar acara penghargaan di Stasiun Kereta Cepat Halim pada 18 Desember 2023, dan pameran komik keliling akan digelar di empat stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Karya pemenang akan dipajang di berbagai stasiun di sepanjang jalur tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.