Dark/Light Mode

Temu Nasional BEM Nusantara XIV dan Ekspedisi Kebhinekaan Sukses Digelar

Selasa, 14 November 2023 19:58 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Temu Nasional BEM Nusantara XIV dan Ekspedisi Kebhinekaan yang digelar sejak tanggal 9-13 November 2023 di Ambon, Maluku atau yang disebut Bumi Raja-Raja, resmi ditutup.

Usai Ekspedisi Kebhinekaan di Masjid Tua Wapauwe Kaitetu, Gereja Tua Immanuel, dan Cagar Budaya Benteng Amsterdam, agenda ditutup dengan Malam Kebudayaan Maluku dan Papua.

Ketua Panitia, Delkia Lesbatta bersyukur, acara berlangsung sukses dan aman.

Menurutnya, Temu Nasional XIV di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon berbeda, karena dirangkai dengan kegiatan positif.

Kegiatan tersebut di antaranya Field Trip, Ekspedisi Kebhinekaan, Deklarasi Pemilu 2024 Damai, dan Deklarasi dukungan untuk AM. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Serta, Pesta Kebudayaan yang menghadirkan tarian dan kreasi seni budaya Maluku hingga Papua.

Baca juga : Turnamen Sains Data Nasional Cari Talenta Terbaik Bidang Keamanan

Selain itu, pembukaan juga digelar dengan Keynote Speaker Kebhinekaan oleh Kemendagri RI dan Seminar Kepemudaan dan Pemilu Damai oleh tokoh muda Muhammad Ryano Panjaitan yang juga menjabat Ketua Umum KNPI panel bersama BJP. Drs. Yuyun Yudhantara, dari Agen Intelijen Kepolisian Utama Baintelkam Polri.

"Puji Tuhan tidak ada halangan dan berjalan dengan lancar," kata Delkia, Selasa (13/11/2023).

Korda Maluku, Jihad Nahumarury, bersama Kornus Maluku-Maluku Utara, Brian Lewerissa juga menyampaikan terima kasih kepada Koodinator Pusat BEM Nusantara, Rektor IAKN Ambon, Kapolda Maluku dan Forkopimda Provinsi Maluku, Forkopimda Kota Ambon, serta pihak- pihak lainnya yang telah memfasilitasi Temu Nasional XIV di Ambon, Maluku.

Sementara itu, Brayen A. Patty, Presiden Mahasiswa IAKN Ambon selaku tuan rumah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungannya.

Sehingga, Temu Nasional XIV dan Ekspedisi Kebinekaan berlangsung aman dan sukses.

"Kami sebagai tuan rumah sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya,” ungkap Brayen.

Baca juga : Persatuan Aliansi BEM Nusantara Bawa Semangat Reformasi Dan Arah Gerakan Mahasiswa

Pada penutupan tersebut, Ahmad Faruuq, Koordinator Pusat BEM Nusantara, mengapresiasi tuan rumah yang mampu mengkoordinasikan acara dengan baik dengan segala keterbatasan yang ada.

"Saya mewakili segenap keluarga besar BEM Nusantara mengapresiasi tuan rumah yang mampu melaksanakan acara dengan baik dan luar biasa kami terharu, karena bukan hal yang mudah menyelenggarakan Temu Nasional XIV dan dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah,” tambah Ahmad Faruuq dalam sambutan penutupan Temu Nasional XIV.

Sementara, Koordinator Pusat terpilih Periode 2023/2024, Muksin Mahu menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh pihak yang telah berhasil menyelenggarakan Temu Nasional BEM Nusantara XIV dengan ajang kemenangan bersama seraya menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan perhelatan Temu Nasional XIV.

“Terimakasih kawan-kawan, Temu Nasional XIV kali ini adalah bentuk kemenangan kita bersama, mari kuatkan internal dan peranan eksternal kita baik level daerah maupun nasional untuk menasionalkan isu daerah dan mendaerahkan isu nasional," tegas Muksin Mahu dalam sambutanya.

Sementara, Rektor IAKN Ambon Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru  menyampaikan selamat atas suksesnya Temu Nasional XIV dan terpilihnya Muksin Mahu sebagai Koordinator Pusat yang baru.

Acara penutupan Temu Nasional BEM Nusantara XIV dan Ekspedisi Kebinekaan ditutup dengan sesi foto bersama dan Pesta Kebudayaan.

Baca juga : Gelar Temu Daerah, BEM Nusantara DKI Suarakan Keadilan Hukum dan Sosial

Di antaranya,Tarian Papua Of Sanggar Pasapua Sailolin, Ukulele SMTPI Klompok Talenta, Tarian KCP IAKN Ambon, Puisi dari mahasiswa IAKN AMBON, IAKN Dance Ambon, dan Tarian Sahu Reka-Reka.

Lalu, Puisi mahasiswa IAIN Ambon, Tarian Nusantara STIA Trinitas Ambon, Tarian Tanimbar Of Sanggar Pasapua Sailolin, Puisi dari mahasiswa Pariwisata IAKN Ambon, Tarian Sanggar UKIM.

Juga, Rapp mahasiswa Pariwisata IAKN AMBON, Dance Unpatti, Dance Mahasiswa IAIN Ambon, dan Flashmob christian education Grup.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.