Dark/Light Mode

Shalawat Dan Istighosah Bareng IKAMA

Mahfud MD Didoakan Jadi Khalifah Pemimpin Indonesia

Sabtu, 18 November 2023 12:53 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Cawapres Mahfud MD pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Ridhwan Siregar)
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Cawapres Mahfud MD pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Ridhwan Siregar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023).

Mahfud melakukan serangkaian kegiatan di Pulau Garam ini. Setelah disambut oleh ribuan warga Madura di Jembatan Suramadu, Mahfud menghadiri acara Istigosah di Lapangan Ikatan Keluara Madura (IKAMA), Morkepek, Bangkalan.

Dalam istighosah yang dihadiri tokoh-tokoh Madura dan ulama ini, warga membawa 100 tumpeng, sebagai simbol syukuran karena ada putera daerah berlaga di pentas nasional. Sejumlah tokoh pun mendoakan Mahfud menjadi pemimpin nasional.

Salah satunya oleh KH. Muqtafi Aschal, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sirrul Cholil yang merupakan cicit dari Syaikhona Cholil Bangkalan.

"Beliau putera asli terbaik Madura. Kita doakan menjadi pemimpin nasional, wakil khalifah Allah mewakili rakyat Madura dan Indonesia," ungkap KH. Muqtafi saat sambutan.

Baca juga : Bersama Kiai Muda Jatim, Ribuan Warga Doakan Ganjar-Mahfud Pimpin Indonesia

Ketua Umum DPP IKAMA Haji Rawi menyatakan, Mahfud sebagai putera terbaik Madura, perlu didukung oleh orang Madura. Dia memastikan, Mahfud jika terpilih, tak akan jadi ban serep. Mahfud akan terus berkontribusi khususnya di sektor penegakan hukum.

"Apalagi beliau tidak pernah sabar menghadapi kemungkaran. Meski jadi Wakil, saya yakin beliau tak akan diam melihat kemungkaran. Karena sifat tabligh, sidik, amanah, fathonah, ada di diri beliau," ungkapnya.

Relawan IKAMA Nasional Haji Zaini berdoa, cita-cita Mahfud tercapai.

"Ini putera terbaik Madura. Insyallah kita semua di Pilpres 2024, sepakat akan memilih tretan dhibik, settong dareh, wajib memilih Pak Mahfud. Seluruh warga Madura, sukseskan putera terbaik Madura ini menjadi Wapres 2024-2029," pekiknya.

Sebelum memberi sambutan, Mahfud mengajak ribuan warga Madura bershalawat, shalawat Jibril. Massa yang hadir ikut bersenandung. Mahfud berjanji akan tetap tegas jika mendapat amanah.

Baca juga : Malam Ini Lawan Garuda Muda, Panama: Indonesia Bukan Lawan Mudah

"Saya akan tetap tegas. Kalau melihat kemungkaran, dobrak. Selama dapat kekuasaan dan wewenang, saya tak akan berubah untuk menegakkan hukum dan keadilan," kata dia.

Mahfud mengajak warga Madura menjaga persaudaraan. Jangan hanya karena perbedaan pilihan dalam Pilpres 2024, terjadi perpecahan. Dia yakin, Pemilu 2024 akan berjalan damai dan bermartabat. "Mudah-mudahan Indonesia dapat pemimpin terbaik," harapnya.

Diketahui, ini kali pertama Mahfud melakukan kunjungan ke Madura setelah putera Pamekasan ini ditetapkan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Karena merupakan kunjungan pertama setelah bertatus Cawapres, warga Madura menyambutnya dengan suka cita. Ribuan warga yang berasal dari berbagai kabupaten di Pulau Garam ini, dari mulai Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep, berkumpul di ujung Jembatan Suramadu Surabaya untuk menjemput Sang Putra Daerah yang memang sejak dulu menjadi kebanggaan mereka.

Warga yang sebagian besar adalah anak muda, santri, pemuka agama, dan tokoh masyarakat ini seakan ingin menunjukkan, mereka bersatu untuk menyambut kepulangan Mahfud ke tanah leluhurnya. Ratusan anak muda yang dengan menggunakan motor vespa menyambut Mahfud di titik awal memasuki Madura yaitu di ujung Jembatan Suramadu, sekitar pukul 07.30.

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Ajak Gen Z Teladani Kepemimpinan Proklamator Indonesia

Mereka mengawalnya memasuki jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Selain vespa, ada pula kapal nelayan di sisi jembatan, mengawal putra asli daerah ini.

Di ujung kaki jembatan di wilayah Madura, ribuan warga sudah berkumpul menyambut tokoh kebanggaan mereka. Ribuan warga meneriakkan yel-yel Ganjar Mahfud dan bershalawat.

Mahfud yang berada di mobilnya, lantas menyapa para pendukungnya yang mengacungkan salam tiga jari. Mahfud pun membalasnya dengan mengacungkan salam tiga jari, bershalawat, dan meneriakkan salam demokrasi.

Agenda kunjungan Mahfud kali ini memang tergolong istimewa. Karena berlangsung sehari penuh. Usai penjemputan yang epik di Jembatan Suramadu, Mahfud menghadiri acara Istigosah di Lapangan IKAMA, Morkepek, Bangkalan dan menuju Posko Pemenanga IKAMA untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pentolan dan tokoh Madura.

Setelah dari Bangkalan, Mahfud melakukan perjalanan menuju Pamekasan. Mahfud dan keluarga berziarah ke makam ayahandanya. Usai berziarah, Mahfud menuju Pondok Pesantren Annuqayah untuk melakukan serangkaian kegiatan dan berlanjut ke Ponpes Al-Amin. Agenda terakhir, Mahfud menuju ke Pendopo Kabupaten Sumenep untuk melakukan Istiqhosah Kebangsaan di GOR A. Yani Sumenep.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.