Dark/Light Mode

Hary Tanoe: Mahfud Sosok Pakar Hukum Yang Jujur Dan Sederhana

Rabu, 22 November 2023 14:05 WIB
Mahfud MD didampingi Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Executive Chairwoman MNC Group Liliana pada MNC Forum LXXIII. (Foto: Ist)
Mahfud MD didampingi Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Executive Chairwoman MNC Group Liliana pada MNC Forum LXXIII. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD bicara soal penegakan hukum pada acara MNC Forum LXXIII (73rd).

MNC Forum LXXIII (73rd) di Jakarta Concert Hall, MNC Center, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). Tema yang diambil pada acara ini adalah Penegakan Hukum: Jembatan Menuju Indonesia Emas 2045.

Mahfud menegaskan cita-cita Indonesia Emas 2045 tidak akan terjadi jika penegakan hukum di Tanah Air tidak dijalankan dengan benar. Dia mengatakan, suatu negara yang sangat maju pun akan runtuh dengan sendirinya apabila terjadi kesalahan-kesalahan, antara lain melemahnya hukum di negara tersebut. 

"Pertama, terjadi pelanggaran hukum secara besar-besaran, berarti ada disorientasi terhadap ideologi," ucap Mahfud. "Yang kedua, misorientasi terhadap hukum, itu akan terjadi public distrust. Ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya," ujarnya. 

Baca juga : Maman: Kader Golkar Wajib All Out Menangkan Beringin

Jika pemerintah sudah tidak bisa dipercaya, kata Mahfud, nantinya akan terjadi pembangkangan dari masyarakat kepada pemerintah. "Kalau mula-mulanya pemerintah seenaknya, terus-terusan orang nggak percaya. Setiap dibilang bohong, lalu orang akan melakukan perlawanan, pembangkangan, nah kalau sudah terjadi, bubar negara itu," ujarnya.

Paparan komprehensif Cawapres pasangan Capres Ganjar Pranowo itu dipuji oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Pada kempatan itu, Hary Tanoe hadir bersama Executive Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo.

"Jadi apa yang disampaikan tadi sangat bagus dan semua puas," kata Hary Tanoe.

Dia berharap  Mahfud yang memiliki segudang pengalaman di bidang hukum bisa terpilih menjadi Wakil Presiden pada Pemilu 2024. "Kita sangat berharap beliau jadi Wapres, karena Indonesia kalau mau bagus, penegakan hukum, penegakan korupsi, harus betul-betul berjalan dengan baik dalam artian sesungguhnya," tegas Ketua Umum Partai Perindo itu.

Baca juga : Mahfud MD Kasih Gibran Buku Pegangan Saat Jadi Ketua MK

Hary menuturkan, apa yang disampaikan Mahfud soal penegakan hukum dalam MNC Forum diperkuat dengan kepakaran mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut di bidang hukum. Selain itu, Mahfud secara lengkap sangat berpengalaman pula di eksekutif, legislatif dan yudikatif. 

"Anggota DPR pernah, menteri berkali-kali, pernah menjadi Ketua MK. Jadi, secara pengalaman juga luar biasa," ujar Hary Tanoe.

Selain itu, Hary Tanoe mengungkapkan, Mahfud merupakan sosok yang memiliki sifat jujur dan menerapkan pola hidup sederhana. "Beliau ini jujur dan sederhana. Jadi orang kalau sudah jadi pemimpin yang masih sederhana itu bukti bahwa dia profesional dengan profesinya, dengan tugasnya," jelas Hary Tanoe.

"Kita ingin Indonesia yang kuat, yang adil, beradab, nyaman, makmur tentunya untuk rakyatnya dan penegakan hukum itu salah satu syaratnya," imbuh Hary Tanoe.

Baca juga : Mahfud Ingatkan Pentingnya Penegakan Hukum Dan Pemilu Bermartabat

Secara khusus, Mahfud mengungkapkan, kesannya saat menjadi pembicara di MNC Forum di hadapan ribuan karyawan MNC Group. "Saya punya kesan bahwa sebenarnya swasta, terutama yang saya lihat yang sekarang di MNC itu punya semangat penegakan hukum yang sama," ungkapnya.

Artinya, kata dia, semangat penegakan hukum di sektor swasta harus didukung pemerintah dan penegak hukumnya. "Asal Pemerintahnya benar, penegak hukumnya benar, kan gitu, sehingga fokus. Kalau saya dalam hal ini, kita fokus penegakan hukumnya dulu," pungkas Mahfud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.