Dark/Light Mode

Posting Bayi Badak Yang Baru Lahir, Menteri Siti Tegaskan Komitmen Konservasi

Minggu, 26 November 2023 20:51 WIB
Bayi badak sumatra bersama induknya yakni Delilah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Ia lahir pada Sabtu (25/11) pagi kemarin. (Foto: Instagram/siti.nurbayabakar)
Bayi badak sumatra bersama induknya yakni Delilah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Ia lahir pada Sabtu (25/11) pagi kemarin. (Foto: Instagram/siti.nurbayabakar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengaku gembira mendapat kabar kelahiran seekor badak sumatra dengan jenis kelamin laki-laki, pada Sabtu (25/11) pagi lalu.

"Alhamdulillah," ungkap Menteri Siti di akun Instagramnya @siti.nurbayabakar, Minggu (26/11).

Dalam postingannya, Menteri Siti mengunggah sejumlah foto bayi badak yang lucu ini. Baik saat sedang menyusui, dicium dan bercengkrama dengan induknya maupun momen ketika sedang ditangani petugas.

Baca juga : Mendagri: Jangan Korupsi!

Induk dari bayi badak sumatera atau dicerorhinus sumatrensis ini adalah Delilah. Proses kelahirannya dilakukan di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK).

"Dari upaya pengembangbiakan semi alami yang dilakukan, saat ini SRS TNWK telah sukses menghasilkan lima individu badak sumatera yang lahir," tutur Siti.

Kelima badak sumatra itu antara lain Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga dari Ratu-Andalas (30 September 2023) dan anak dari Delilah-Harapan (25 November 2023).

Baca juga : Xi Minta Biden Ambil Tindakan Nyata, Soal Komitmen Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan

"Kita bersyukur atas kelahiran kelima di SRS TNWK. Kelahiran ini sekaligus menjadi kelahiran badak sumatra kedua di tahun 2023," ujarnya.

Menteri Siti menerangkan bahwa kelahiran ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia.

"Khususnya badak Sumatra," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.