Dark/Light Mode

Bakal Dihadiri Menteri, Polisi Siap Amankan Aksi Bela Palestina di Monas

Sabtu, 4 November 2023 17:08 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro. (Foto:Ist)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro. (Foto:Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jajaran Kepolisian Polda Metro Jaya dan Jakarta Pusat siap mengamankan Aksi Bela Palestina yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (5/11/2023) 

"Kami bersama Polda Metro Jaya siap untuk melaksanakan pengamanan melayani kegiatan besok," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sabtu (4/11/2023).

Namun Susatyo belum merinci berapa jumlah personel yang akan diterjunkan. Begitu juga ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas selama aksi tersebut. "Kami pastikan bahwa kegiatan dari sejak awal sampai akhir tidak terjadi masalah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi munculnya penyusup atau provokator, Susatyo meminta, massa menjaga ketertiban.

Baca juga : Polri Siap Kawal Aksi Bela Palestina Di Monas Besok

“Para korlap atau penanggung jawab acara itu juga bisa menjamin bahwa peserta yang mengikuti kegiatan besok itu bisa sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Aksi Bela Palestina ini diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama tokoh lintas agama. Ketua Acara Aksi KH Bachtiar Nasir mengatakan, aksi ini merupakan aksi kemanusian. Aksi ini akan melibatkan tokoh-tokoh lintas agama, baik Kristen, Budha, dan Hindu.

"Palestina milik semua umat beragama. Maka kita semua harus bergerak," kata Bachtiar.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim pun mengatakan, aksi ini akan dihadiri ormas-ormas keagamaan. Mereka akan memberikan orasinya. 

Baca juga : Prabowo: TNI Siap Kirim Kapal Rumah Sakit Ke Palestina

Dia memperkirakan massa yang akan hadir dalam aksi sekitar dua juta orang.

"Kami di-support oleh pemerintah dan telah mendapat izin dari Setneg, Insya Allah akan dihadiri oleh MPR, DPR, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," kata Sudarnoto.

Sudarnoto mengatakan aksi di Monas pada akhir pekan ini bertujuan sebagai tekanan publik untuk melawan penjajahan Israel. Bagi pihaknya, Israel telah melakukan genosida dan kejahatan perang terhadap warga Palestina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengkonfirmasi akan hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monas.

Baca juga : Semangka, Buah Antioksidan Simbol Perjuangan Palestina

"Benar, Ibu Menlu besok akan hadir langsung dalam aksi damai tersebut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal, Sabtu (4/11/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.