Dark/Light Mode

Entaskan Stunting, Partisipasi Bermakna Gelar Dapur Umum

Rabu, 29 November 2023 14:33 WIB
Partisipasi Bermakna menggelar program Desa Bermakna yang berisi penyuluhan kesehatan, dapur umum dan pembagian susu untuk pemberantasan stunting di Desa Ciasembaru, Subang, Jawa Barat, 26 November hingga 1 Desember 2023. Foto: Istimewa
Partisipasi Bermakna menggelar program Desa Bermakna yang berisi penyuluhan kesehatan, dapur umum dan pembagian susu untuk pemberantasan stunting di Desa Ciasembaru, Subang, Jawa Barat, 26 November hingga 1 Desember 2023. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partisipasi Bermakna menggelar program ‘Desa Bermakna’ yang berisi penyuluhan kesehatan, dapur umum dan pembagian susu untuk pemberantasan stunting. Kali ini, program digelar di Desa Ciasembaru, Subang, Jawa Barat, 26 November hingga 1 Desember 2023.

Ratusan balita dan anak-anak pelajar yang didampingi ibu dan orang tua di Desa Ciasembaru mendapatkan manfaatnya. Mereka, mendapatkan makanan bergizi yang terdiri dari kacang hijau, sayur daun kelor, dan telur omelette, yang dimasak melalui pendirian dapur umum.

Dalam kegiatan tersebut, tim Partisipasi Bermakna juga menghadirkan Dokter Theresia Monica Rahardjo, yang memberikan penyuluhan terkait manfaat daun kelor bagi balita dan anak pelajar.

Baca juga : Teriakan Kemenangan Dari Ribuan Masyarakat Sambut Ganjar Di Tana Toraja

Tim, ikut dibantu tenaga kesehatan dari RS. Iza Karawang untuk pemeriksaan kesehatan. Koordinator Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan mengatakan, penguatan gizi merupakan isu yang menjadi kepeduliannya dalam mengentaskan stunting.

Pihaknya, mengaku terinspirasi dari salah satu Capres RI, Prabowo Subianto Djojohadikusumo, yang menggaungkan ‘Revolusi Putih’, yakni program pemenuhan gizi untuk membangun karakter bangsa yang sehat dan kuat.

Salah satu caranya, menjadikan susu sebagai konsumsi rakyat Indonesia setiap hari.

Baca juga : Mentan Tegaskan Kebijakan Akselerasi Tanam Tekan Impor Dampak El Nino

"Jangan sampai, kesuksesan bonus demografi Indonesia yang sering digadang-gadang semua pihak nantinya hanya akan menjadi jargon belaka dan malah menimbulkan derita," ujar Adnan.

"Bersama generasi muda, kami berupaya menciptakan solusi kolaboratif dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat. Mari bersatu, datang ke masyarakat, dan bersama-sama menjadi agen perubahan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Kami mengajak teman-teman muda untuk meneruskan kegiatan seperti ini di berbagai titik dan kabupaten/ kota lain di Indonesia," tambahnya.

Senada dengan Adnan, Kepala Desa Ciasembaru, Indah Aprianti, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya, ini merupakan bentuk kepedulian generasi muda dalam menyokong pembangunan manusia di wilayahnya.

Baca juga : Sejahterakan Petani, Ganjar Dorong Revitalisasi Koperasi Unit Desa

"Kami sangat senang karena program ini membuktikan kepedulian pemuda Indonesia terhadap upaya pemenuhan gizi guna menunjang kecerdasan anak-anak balita dan pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Semoga program semacam ini terus dapat dilanjutkan di berbagai tempat lainnya," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.